#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Termasuk Paquiao, Filipina Ternyata Punya Empat Juara Dunia Tinju
05 October 2018 13:31 WIB
MANILA – Siapa tak kenal Manny Paquiao. Juara dunia tinju kelas Welter yang kini memegang sabuk WBA. Dia meraihnya pada 15 Juli lalu setelah memukul KO petinju Argentina Lucas Matthysse di ronde ketujuh. Menang-kalah mewarnai perjalanan karier Paquiao yang kini sudah berusia 39 tahun.

Berbagai gelar juara dunia pernah diraihnya. Tak hanya di kelas welter tapi juga di kelas lainnya. Paquiao merupakan petinju pound for pound terbaik setelah Oscar De La Hoya. Memenangkan sabuk juara dan kehilangan juga pernah dirasakan pria yang kini juga menekuni karier politiknya sebagai anggota senat Filipina.

Bicara tinju Filipina memang identik dengan Paquiao tapi ternyata tak hanya dia saja yang sabuk juara dunia tinju. Ada tiga petinju profesional lain asal Filipina yang berstatus juara dunia. Memang, berasal dari kelas yang lebih ringan daripada welter sehingga kurang populer.


Baca Juga :
- Si Panda Bisa Pecahkan Rekor Transfer Betis
- Kemenpora dan Kabupaten Wonosobo Pecahkan Rekor MURI Senam SKJ Djadoel

Salah satunya adalah Jerwin Anjacas. Petinju 26 tahun yang sedang memegang sabuk juara dunia kelas bantam junior IBF. Anjacas memenangkan gelar ini pada 3 September 2016 setelah menang angka mutlak atas McJoe Arroyo, petinju asal Puerto Riko. Setelah itu, Anjacas sukses mempertahankan gelarnya selama enam kali.

Terakhir, dia mendapat lawan berat yaitu Alejandro Santiago dari Meksiko pada 29 September lalu di Singapura. Hasilnya imbang jadi sabuk juara tetap untuk Anjacas. Publik di Filipina pun menaruh harapan yang sangat besar kepada Anjacas untuk membawa nama Filipina di arena tinju setelah Paquiao gantung sarung. Kemampuan Anjacas pun digadang mirip dengan Paquiao, meski dia belum memikirkan untuk naik kelas.

Satu kelas di atas Anjacas yaitu kelas bantam, Filipina juga punya satu juara dunia yaitu Michael Dasmarinas. Tidak banyak informasi soal petinju ini tapi gelar yang dimilikinya berasal dari badan tinju dunia IBO.


Baca Juga :
- Neymar Bisa Pecahkan Rekor Transfer Rp 4,7 Triliun, Tergantung Barca dan Madrid
- Muhammad Faathir Jejaki Cantika Pecahkan Rekor Kejuaraan Dunia Angkat Besi Remaja

Satu lagi adalah Vic Saludar. Dia berada di kelas yang paling ringan dari seluruh kelas di tinju profesional yaitu kelas terbang mini. Saludar, 27 tahun, memenangkan sabuk juara kelas terbang mini WBO pada 13 Juli 2018 setelah mengalahkan petinju asal Jepang, Ryuya Yamanaka.*

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA