#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Ada Volunteer di Balik Suksesnya Asian Para Games 2018
06 Oktober 2018 22:31 WIB
SORE itu, kawasan Komplek Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, sangat ramai. Hilir dan mudik kendaraan yang didominasi bus mengalir tiada henti pada Sabtu (6/10).

Termasuk, di Jalan Stadion Senayan yang menuju Stadion Utama GBK dengan jadi lautan manusia. Itu karena bakal berlangsung pembukaan Asian Para Games 2018.

Selain calon penonton, terdapat puluhan volunteer yang stand by. Mereka memberi aplaus bagi setiap atlet yang hendak mengikuti opening ceremony. Yel-yel dan ucapan selamat datang dengan berbagai bahasa Asia mereka suarakan.


Baca Juga :
- Kembali Kalahkan Anthony Ginting, Ini Komentar Jonatan Christie
- Juara Australian Open 2019, Jonatan Christie Sudah Koleksi 4 Gelar

Sontak, apa yang dilakukan puluhan sukarelawan itu membuat kagum atlet. Mereka pun menghentikan langkah sejenak untuk sekadar bersalaman, memberi bendera, atau foto bersama volunteer.

"Ga dikoordinir. Memang, ini inisiatif kami sendiri. Kami ingin memperlihatkan keramahan Indonesia kepada setiap wakil negara lain," kata Citra Rusmiyani Fadhilah saat ditemui TopSkor.id.

Pemilik senyum memesona ini mengaku bangga bisa jadi volunteer Asian Para Games 2018. Menurut Citra, sebagai sukarelawan pada pesta olahraga penyandang disabilitas ini membuatnua belajar arti kehidupan.

"Mereka tidak pernah mau dikasihani. Para atlet ini selalu menegaskan untuk bisa. Mereka berusaha membuktikan mampu seperti orang pada umumnya. Di tengah keterbatasan, mereka punya kelebihan yang tidak kita miliki," Citra, mengungkapkan dengan nada bergetar.

Pernyataan senada diungkapkan Syarafina Almas. Dara 19 tahun ini bersyukur bisa jadi volunteer.

Kendati, sebagai sukarelawan, tidak mendapat uang saku. Bagi Fina, yang utama berbakti kepada negeri.

"Suatu kehormatan jadi bagian dalam volunteer Asian Para Games 2018. Event ini beda dari kebanyakan. Asian Para Games 2018 bukan soal menang, kalah, apalagi juara. Melainkan, dari segi kemanusiaan," tutur Fina, semringah.

"Setelah Asian Games 2018 sukses, kami termotivasi untuk melakukannya pada Asian Para Games 2018. Saya dan rekan-rekan sesama sukarelawan akan berusaha melayani yang terbaik hingga Asian Para Games 2018 selesai."


Baca Juga :
- Update Hasil Uji Coba Internasional, Suriah Berantakan, Cile Menang Tipis
- Laporan Gelaran Asian Games 2018 Dinilai Baik, Erick Thohir Apresiasi BPK & TP4

Asian Para Games 2018 diikuti 3.000 atlet dari 43 negara di benua Asia. Terdapat 568 event dari 18 cabang olahraga yang dipertandingkan sejak pagi tadi hingga 13 Oktober mendatang.

Ini kali perdana Indonesia jadi tuan rumah Asian Para Games. Sekaligus, yang ketiga dalam sejarah. Diawali pada Asian Para Games 2010 di Guangzhou, Cina, dan empat tahun silam di Incheon (Korea Selatan).***

BERITA TERKAIT

news
Juventini pemilik akun twitter dan instagram @roelly87
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA