#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Rekor yang Harus Dijaga
17 Oktober 2018 04:00 WIB
REKOR ada untuk dipatahkan. Tidak ada di dunia ini yang selalu menang. Pasti, suatu saat akan tersungkur. Sebaliknya, tidak ada yang selalu terus tidak beruntung. Masalahnya hanya sejauh mana mengubah ketidakberuntungan tersebut menjadi sebuah sukses. Selalu mencoba bangkit, inilah esensi dari olahraga. Itu berlaku bagi semua, termasuk timnas Indonesia, dalam hal ini timnas senior.

Hasil lawan Hong Kong memang tidak maksimal. Namun demikian, mengakhiri pertandingan dengan tidak kalah rasanya sudah cukup menjadi tanda dari upaya Tim Garuda untuk meraih hasil yang lebih baik. Dengan hasil ini pula, timnas Indonesia tidak terkalahkan dalam tiga laga terakhir dan semuanya pantas diingat bahwa deretan hasil tersebut tanpa dikawal pelatih Luis Milla.

Hasil imbang lawan Hong Kong, membuktikan bahwa Indonesia memiliki potensi untuk mencapai performa terbaik. Tekad dan keinginan untuk meraih kemenangan yang paling penting dan itu terlihat dalam penampilan Evan Dimas dan kawan-kawan dalam laga kemarin. Demikianlah, tiga laga tidak terkalahkan sebuah pencapaian yang jarang terjadi. Ini merupakan “rekor” yang harus terus dijaga.


Baca Juga :
- Southgate 1996 dan 2018
- Bukan Sekadar Meragukan Bima

Soal rekor pula, timnas Inggris sudah memperlihatkan bahwa mereka mampu mengakhiri ketidakberuntungan setiap tim yang tandang lawan Spanyol. Kemenangan The Three Lions atas Tim Matador, merupakan kekalahan kandang pertama timnas Spanyol sejak 2003. Untuk melihat kekalahan Spanyol perlu melihat jauh ke belakang atau 15 tahun silam ketika tim ini kalah 0-1 dari Yunani dalam kualifikasi Piala Eropa 2004.


Baca Juga :
- Sayap Tempur Garuda
- Mempertanyakan Mou

Hasil kali ini juga mengakhiri catatan tidak terkalahkan sejak Luis Enrique manangani timnas Spanyol sejak Juli lalu. Rekor ini juga memperlihatkan bahwa Inggris pun mengakhiri rapor buruk mereka setiap menghadapi Spanyol. Ini kali pertama Inggris menang setelah 31 tahun.  Inggris kali terakhir menang di Spanyol terjadi pada  1987 saat The Three Lions memiliki bintang seperti Garry Lineker. Ketka itu, mereka menang 4-2 di Stadion Santiago Bernabeu. Setelah itu Tim Tiga Singa selalu kalah dalam empat pertemuan di kandang Spanyol.

Demikianlah, hasil yang berbeda antara Indonesia dan Inggris. Namun, meski berbeda, keinginan kuat Tim Garuda untuk memberikan hasil terbaik harus terus dipelihara. Rekor tidak terkalahkan dengan dua di antaranya menang yang diraih timnas Indonesia harus menjadi sebuah sinyal positif untuk menatap ajang Piala AFF 2018.*Irfan Sudrajat

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA