#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Pilihan Sulit untuk Madrid
31 October 2018 04:00 WIB
HABIS sudah kesabaran Real Madrid terhadap Julen Lopetegui. Senin (29/10) malam lalu, kampiun Liga Champions 13 kali – tiga tahun terakhir dibuat beruntun – itu menegaskan siap mendepak Lopetegui dari kursi pelatih. Madrid memang belum resmi mengumumkan pemecatan mantan pelatih tim nasional Spanyol dan FC Porto tersebut. Tetapi, Los Blancos sudah menunjuk Santiago Solari, pelatih Madrid B, sebagai pengganti sementara Lopetegui.

Terhitung sejak Senin malam itu, Madrid hanya memiliki waktu dua minggu untuk mencari pengganti Lopetegui, yang telah membawa klub juara La Liga terbanyak itu (33) mengalami awal musim terburuk di kompetisi domestik. Sejumlah nama pun muncul. Dari Marcello Lippi (eks pelatih timnas Italia), Mauricio Pochettino (pelatih Tottenham Hotspur), Roberto Martinez (pelath timnas Belgia), hingga Antonio Conte (mantan pelatih Chelsea). Tiga nama terakhir menjadi kandidat paling kuat. Namun, Madrid harus memilih salah satu dengan sejumlah konsekuensi.

Sejumlah pemain penting Madrid meminta manajemen agar memilih Martinez. Fan dan beberapa petinggi Madrid juga menyukai gaya menyerang Martinez di timnas Belgia. Yang mungkin jadi masalah, Martinez saat ini masih terikat kontrak dengan Asosiasi Sepak Bola Belgia. Ia juga belum mampu bicara banyak sebagai pelatih klub (terakhir Everton). Namun, Martinez mampu membawa Belgia ke peringkat ketiga Piala Dunia 2018 lalu. Ia juga orang Katalan, daerah asal rival abadi Madrid, FC Barcelona.


Baca Juga :
- Jalan Terjal Liverpool
- Kekuatan Barca Bakal Lebih Dahsyat

Namun, manajemen Madrid melihat Conte yang saat ini bebas kontrak, sebagai pelatih yang paling cocok mengembalikan kondisi Los Merengues. Kecuali tipe permainan, pelatih asal Italia itu bisa dibilang mampu mengalahkan Martinez dari sisi apa pun. Conte mampu membuat Juventus kembali menjadi raksasa Italia usai terdegradasi. Sedangkan di Chelsea, hanya dua tahun Conte mampu merebut dua trofi bergengsi, Liga Primer 2016/17 dan Piala FA 2017/18.

Tetapi, merekrut Conte juga bukan tanpa masalah bagi Madrid. Kabar terakhir menyebut, ia mau melatih Madrid bila permintaannya untuk mendatangkan masing-masing satu bek tengah dan striker top, dipenuhi. Conte meminta itu untuk memudahkannya menerapkan skema tiga bek (3-4-3 atau 3-5-2) yang selama ini jadi andalan. Ini jadi kendala karena publik tentu masih ingat bagaimana ia berselisih dengan manajemen Chelsea saat meminta pemain sekaliber Virgil Van Dijk, Arturo Vidal, dan Alexis Sanchez.


Baca Juga :
- Conte Mampu Membuat Pemain Bangkit
- Kini Banyak yang Meragukan Solskjaer

Para petinggi Madrid mungkin bertambah pusing karena mendatangkan Conte dipastikan bakal menyulitkan ambisi mereka untuk mendaratkan Eden Hazard dari Chelsea. Keduanya memang tidak akur di Stamford Bridge. Di sinilah nama Pochettino menguat. Pelatih asal Argentina itu diyakini mampu membuka jalan mendatangkan Hazard kendati harganya menebus 100 juta paun. Jika Pochettino jadi ditarik Madrid, bukan tidak mungkin Conte menjadi alternatif pengganti pelatih Jose Mourinho di Manchester United.*Irfan Sudrajat

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA