#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Rooney Idealnya Tidak Dipanggil
14 November 2018 04:00 WIB
WAYNE Rooney, 53 gol dan 119 laga untuk timnas Inggris. Angka tersebut bisa bertambah jika Rooney tampil dan mencetak gol saat The Three Lions menghadapi Amerika Serikat (AS) dalam laga uji coba, Kamis (15/11). Kalaupun berubahan itu ada, tidak akan memengaruhi posisi pencetak gol terbanyak dan penampilan terbanyak dalam sejarah timnas Inggris. Peter Shilton tetap di posisi teratas sebagai pemain yang paling banyak tampil, 125 laga.

Sedangkan untuk daftar pencetak gol, hanya akan menambah jumlah gol Wazza—panggilan Rooney—yang memang sudah memimpin di posisi nomor satu. Ya, syaratnya itu tadi bahwa pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, akan menurunkan Rooney dalam laga yang akan digelar di Stadion Wembley, London. Dan, tampaknya Southgate memang bakal menurunkan Rooney dalam laga nanti karena memang itulah tujuannya.

Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA), menjadikan laga lawan AS sebagai momen untuk memberikan penghargaan bagi pemain yang sebenarnya sudah mengumumkan pensiun dari timnas pada Agustus 2017 lalu. Ajang uji coba ini pun kemudian dinamanakan The Wayne Rooney Foundation International” dan menjadi salah satu kampanye sang pemain yang memang telah membangun lembaga untuk anak-anak dalam belajar sepak bola. Rooney sendiri menyatakan rasa terima kasihnya dan menilai pemanggilan ini sebagai “kebanggaan”.


Baca Juga :
- Magnet Besar Maguire dan De Ligt
- Griezmann Lebih Loyal dibanding Neymar

Pria 33 tahun yang kini bermain untuk klub di AS, DC United, siap untuk tampil kapanpun Southgate memintanya untuk masuk ke lapangan. Meski hanya tiga atau lima menit, tentu sudah cukup bagi mantan bintang Manchester United dan Everton ini. Dalam laga nanti, Rooney pun tidak akan “mengganggu” yang sudah terbentuk di timnas saat ini. Seperti dia tidak akan mengenakan nomor 10 dan tidak akan mengenakan ban kapten. Ban kapten itu akan tetap ada di lengan Harry Kane.

Namun, pemanggilan Rooney kembali tampil untuk timnas Inggris, meski hanya untuk satu laga ini, tetap mencuatkan kontroversi. Tidak sedikit yang mengkritik keputusan FA dan sosok tersebut tiada lain Shilton sendiri. Menurut mantan kiper timnas Inggris tersebut, pemanggilan ini tidak pada tempatnya. Caps atau laga bersama timnas, bukanlah sesuatu yang diberikan secara “cuma-cuma” atau bahkan dengan kalimat “penghargaan”.

Shilton tidak menentang, namun menurut pria yang pernah membawa Inggris di posisi keempat pada Piala Dunia 1990 ini seharusnya pemanggilan Rooney tidak dicampuradukkan dengan caps. FA atau timnas Inggris bisa memanggil Rooney ke lapangan sebelum pertandingan berlangsung dan memberikan penghargaan tersebut. Bukan dengan cara memasukkan Rooney dalam bagian dari pemain skuat The Three Lions di ajang ini.


Baca Juga :
- Inter Bukan Hanya Icardi
- Griezmann Melengkapi Barcelona

Mungkin seperti yang akan dilakukan timnas Spanyol terhadap David Silva. Gelandang Manchester City ini memang sudah menyatakan pensiun. Karena itulah, La Furia Roja tidak memanggilnya masuk skuat. Namun, sebelum laga lawan Bosnia Herzegovina, Silva akan datang ke lapangan dengan setelan jas, sebagia penendang kick off sebelum akhirnya meninggalkan lapangan. Ya, itulah cara terbaik yang memang sudah dilakukan untuk semua legenda yang baru meninggalkan timnas.*Irfan Sudrajat

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA