#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Maskulinitas "Tino" Asprilla
21 Desember 2018 04:06 WIB
FAUSTINO Asprilla salah satu legenda sepak bola Kolombia memilih cara yang unik untuk mendapatkan penghasilan setelah pensiun dari sepak bola. Selain menjadi nara sumber untuk sebuah program olahraga televisi, pria yang kini berusia 49 tahun tersebut memperkenalkan kondom dengan nama dirinya, tepatnya nama panggilannya: Tino.

Nama Asprilla begitu melekat bagi pencinta sepak bola era 1990-an. Asprilla terkenal sebagai pemain yang eksentrik dengan tingkah yang unik, baik di dalam maupun di luar lapangan.  Karena keeksentrikannya, Asprilla pernah ditawari untuk menjadi aktor film dewasa dengan bayaran besar. Namun, pria kelahiran Tulua, Kolombia itu menolak tawaran tersebut.

Kesan seksualitas Asprilla sapaan akrabnya terjadi saat ia memainkan pertandingan persahabatan dengan Cile pada 1993. Seorang fotografer asal Kolombia yang mengambil gambar sepanjang pertandingan mendapatkan kejutan ketika mengambil gambar Asprilla dan maskulinitasnya, yang keluar beberapa detik dari celananya.


Baca Juga :
- Barthez Beralih ke Sirkuit
- Pinto Komposer Andal

Dari kejadian itulah Asprilla mulai dikenal sebagai pesepak bola yang memiliki seksualitas yang tinggi. Pengeluaran produk alat kontrasepsi ini sebenarnya bertujuan baik. Asprilla memberikan perhatian khusus untuk melawan pencegahan penyakit HIV/AIDS di Kolombia dan mengkampanyekan agar setia kepada pasangan.

Untuk memeranginya, Asprilla memulai sebuah proyek yang tak ada hubungannya dengan sepak bola yaitu produk kondom. Produknya itu bahkan diberi nama Tino, yang tak lain nama panggilan Asprilla di antara teman-teman dekatnya.

Uniknya model iklan produk tersebut justru dipromosikan oleh Asprilla sendiri sebagai model. Selain itu, untuk menaikkan pamor produk yang diluncurkannya, Asprilla menggaet dua teman legenda sepak bola asal negaranya yaitu Carlos Valderrama dan Freddy Rincon untuk melakukan promosi.

Sebagai pesepak bola Asprilla sempat berkarier di klub Eropa seperti di Seri A. Dia pernah memperkuat Parma pada 1992-1996 dan 1998/99 serta pada Liga Primer ia juga pernah berseragam Newcastle United 1996-1998. Pemain yang berposisi penyerang ini menyumbangkan beberapa gol di kedua klub tersebut. Saat membela Parma, Asprila mencetak 26 gol dari 96 penampilannya. Di Newcastle ia menyumbangkan 9 gol dari 48 penampilan.*CR6

Hattrick lawan Barca
FAUSTINO Asprilla lahir di Tulua, Kolombia, pada 10 November 1969. Pemain yang memiliki kemampuan sebagai penyerang, sayap kanan, hingga gelandang menyerang. Mengawali kariernya di tim junior Sarmiento Lora, karier Asprilla menjadi profesional bermula di Cucuta Deportivo. Namanya di sepak bola Eropa kali pertama mencuat di Parma.

Asprilla membawa Parma meraih gelar Piala Italia 1998/99, Piala Winners 1992/93, Piala Super Eropa 1993, dan dua kali juara Piala UEFA: 1994/95 dan 1998/99. Di Newcastle United, momen yang membuat namanya semakin diingat ketika menorehkan hattrick lawan Barcelona, pada 17 September 1997, dalam kemenangan 3-2.

Dengan timnas Kolombia, Asprilla menjadi penyerang yang selalu diandalkan pada masanya. Masuk dalam skuat untuk Piala Amerika 1993, Piala Dunia 1994, Piala Amerika 1995, dan Piala Dunia 1998.


Baca Juga :
- Mendieta Tetap dengan Irama
- Owen dan Bisnis Berkuda

20
Faustino Asprilla total telah menorehkan 20 gol dari 57 laga bersama timnas Kolombia dari 1993 hingga 2001.

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA