#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Erick Thohir Apresiasi Palembang Triathlon 2019
31 January 2019 20:54 WIB
JAKARTA – Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang sukses membawa begitu banyak keberhasilan. Selain perolehan medali emas, perak dan perunggu yang mengharumkan nama bangsa dan semakin menumbuhkan citra positif para atlet tanah air,  pesta olahraga antarnegara Asia itu juga berhasil meningkatkan minat masyarakat akan olahraga. 

Termasuk, peningkatan potensi pariwisata (sport tourism), dan pembangunan infrastruktur olahraga tingkat internasional yang dapat dinikmati segenap bangsa Indonesia. 

Pencapaian-pencapaian luar biasa ini tidak bisa berhenti begitu saja. Sangat penting diupayakan kembali berbagai gelaran olahraga yang selain bisa meningkatkan citra bangsa, kualitas masyarakat yang sehat, juga perekonomian negara.


Baca Juga :
- Kostum Pendulang Uang
- Tenggat Waktu Penentuan Nasib Icardi Kian Dekat

Salah satunya adalah melalui ekonomi kreatif, yaitu sektor Sports Tourism, yang akan memberikan economy impact, social impact dan media impact.

Fakta itu diakui Erick Thohir. Sosok yang menjabat sebagai Ketua Panitia Nasional Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) ini mengapresiasi Palembang Triathlon 2019. 

“Potensi sport tourism semakin berkembang di Indonesia, sejalan dengan pembangunan infrastruktur olahraga tingkat internasional di berbagai kota besar. Yang juga sangat penting adalah, penyelenggara event olahraga hendaknya juga memperhatikan konsep event yang dibawa ke suatu kota, akan dapat membangun ekosistem bagi perkembangan sports tourism di  kota tersebut,” ujar Erick dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (31/1).

Berbagai lokasi destinasi pariwisata di Indonesia pun bisa dimanfaatkan sebagai sarana berolahraga yang digemari masyarakat dalam negeri maupun internasional. Seperti lomba lari, tur sepeda, berbagai olahraga air dan juga Triathlon. 

“Perpaduan antara berlomba sekaligus menikmati wisata lokal akan memberikan pengalaman tersendiri yang berdampak ke berbagai bidang. Di antaranya kontribusi ekonomi daerah, seperti meningkatnya wisata kuliner, merchandise, handycraft, inspirasi gaya hidup sehat, dan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat," Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan dan Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Rudi Salahuddin, menambahkan.

Palembang, meski memiliki destinasi pariwisata yang terbatas. Namun terpilih sebagai kota ajang lomba Triathlon bertaraf internasional yang akan diselenggarakan pada 9-10 Februari 2019 ini. 

Pasca Asian Games 2018, dengan infrastruktur yang sudah tersedia dengan standar internasional, dapat digunakan oleh masyarakat luas, agar manfaatnya bisa terus bergulir. Faktor lain yang juga sangat penting adalah Palembang telah sangat berpengalaman menjadi tuan rumah berbagai gelaran olahraga, seperti PON, SEA Games, Islamic Solidarity Games, Asean University dan masih banyak event berskala nasional maupun internasional.

“Meskipun Palembang tidak memiliki wilayah pantai yang biasanya dijadikan kunci penting penyelenggaraan lomba Triathlon, tapi di Jakabaring Sports City, terdapat danau yang memenuhi standar internasional, serta jalur mulus untuk bersepeda yang melewati 6 tempat ibadah (mesjid, gereja Kristen, gereja Katolik, pura, wihara, klenteng) dan Jembatan Ampera, salah satu ikon kota Palembang yang bernilai sejarah dan jalur hijau dengan pemandangan indah untuk berlari. 

Kombinasi ketiganya membuat kota Palembang memberikan pengalaman berlomba triathlon yang berbeda dari lokasi lainnya,” jelas Juliany Nurdin, CEO PT Rocca Karya Indonesia—penyelenggara Palembang Triathlon. 


Baca Juga :
- SEA Games Tinggal Tiga Bulan, Indonesia Belum Tunjuk Komandan Kontingen
- Alexis Sanchez Rela Berkorban Demi Inter

Jauhari Johan, salah satu putra terbaik asli Palembang yang menjadi perwakilan atlet Triathlon Asian Games 2018 dan kini menjadi duta Palembang Triathlon 2019 bangga dapat menjadi bagian dari Palembang Triathlon 2019 ini. 

“Keikutsertaan saya dalam event ini menjadi kesempatan saya untuk memperkenalkan kota tempat saya lahir dan besar. Palembang  merupakan kota yang sangat tepat sebagai lokasi sport tourism, karena selalu memiliki spirit olahraga yang luar biasa sejak Asian Games 2018 yang lalu,” ungkap Jauhari Johan.***

BERITA TERKAIT

news
Juventini pemilik akun twitter dan instagram @roelly87
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA