#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Di Balik Formasi Aneh Man City dan Teriakan Guardiola, Ini Penjelasan Fernandinho
04 Februari 2019 09:00 WIB
MANCHESTER – Fan terkejut melihat daftar pemain starter yang dirilis Manchester City jelang lawan Arsenal. Makin terkejut lagi saat melihat susunannya tatkala pertandingan di Stadion Etihad itu akan berlangsung. Hasil akhirnya memang untuk kemenangan Man City 3-1 di laga yang digelar pada Minggu (3/2) pukul 00.30 WIB itu.

Di dafter starter ada lima gelandang yang akan diturunkan. Lebih aneh lagi lantaran pelatih Man City Josep Guardiola tetap memakai formasi 4-3-3. Dengan begitu, Fernandinho dimundurkan jadi bek tengah dan Benardo Silva dimajukan untuk sejajar dengan Sergio Aguero dan Raheem Sterling.

Memang, saat pertandingan, Man City terlihat lebih menguasai bola. Bisa dilihat dari statistik penguasaan bola yang mencapai 59 persen. Itu pun ada 10 menit terakhir di mana pemain Man City mengendurkan intensitas mereka. Pada akhir laga terlihat Arsenal yang lebih banyak menguasai bola.


Baca Juga :
- Habis Dibantai Man City, Pemain Chelsea Malah Saling Tukar Jersey dengan Lawannya
- Jarak Terpangkas, West Ham vs Liverpool 1-1, Ini Komentar Klopp

Eksperimen Guardiola itu terbilang berhasil meski harus membuat sang pelatih tarik urat leher karena sering berteriak di pinggir lapangan. “Cepat kembali ke formasi,” begitu kira-kira yang diteriakkan Guardiola. Ini jelas percobaan yang sudah disiapkan dan saat bertanding, Guardiola harus terus mengingatkan formasi baru ini.

Usai laga, Fernandinho memberikan penjelasannya. “Jika kami mengubah jadi 4-4-2, maka kami sedang bertahan. Kalau sedang menyerang ke formasi 4-3-3,” katanya. “Saat saya tak memegang bola, saya mundur ke belakang untuk mengawasi pertahanan. Saat memegang bola, saya bersama Ilkay Gundogan mendorongnya untuk menyerang.”


Baca Juga :
- Opera Sabun Rabiot Berlanjut, Kali Ini Episode Barca Tak Minat Lagi
- Baru Saja Bertarung, Juara Dunia Muda Sudah Dapat Penantang, Statusnya Mandatory

Rupanya, poros dari strategi baru Man City ini terletak pada sosok Fernandinho. Pemain 34 tahun itu kian vital karena benar-benar tak ada yang seperti dirinya di lapangan. Dia sangat diandalkan oleh Guardiola karena punya visi bermain yang luar biasa baik dan mampu memimpin.*

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA