#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Gyan dari Tinju ke Udara
08 Februari 2019 04:15 WIB
ASAMOAH Gyan mungkin menjadi pesepak bola pertama yang menitik karier diluar lapangan sebagai pebisnis dalam sektor maskapai atau pesawat terbang. Maskapai penerbangan milik Gyan tersebut diketahui bernama Baby Jet Airlines (BBJ). Baby Jet Airlines dikabarkan sudah menerima lisensi dari lembaga penerbangan Ghana. BBJ sendiri akan dioperasikan sebagai maskapai pengangkut barang, namun rencananya juga akan dikembangkan menjadi maskapai transportasi penumpang.

Keberhasilan BBJ mendapat lisensi turut menarik perhatian Presiden Ghana Nana Akufo-Addo. “Dia sudah bekerja keras dengan menciptakan maskapainya sendiri, yang jelas diberi nama Baby Jet. Saya ingin meminta kepada rakyat Ghana di dalam dan luar negeri untuk ikut berinvestasi di sektor penerbangan yang kian berkembang,” kata Addo.

Mengetahui mendapat support langsung dari sang presiden, Gyan pun menanggapi komentar Presiden Addo. “Ini sekaligus menjadi panggilan untuk bekerja bersama tim kami, dengan mewujudkan maskapai penerbangan BBJ, hal ini juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru,” ujar Gyan.


Baca Juga :
- Oliver Gill Pilih Menuntut Ilmu
- Muntari, Bengkel Berkelas

Untuk mendatangkan para konsumennya dalam memakai jasa maskapainya, Gyan bersama perusahaan penerbangannya juga sudah beberapa kali mengikuti pameran mengenai transportasi udara. Contohnya pada 2017 silam dalam African Airshow di Kotoka International Airport.

Sebelum terjun dalam dunia maskapai, ada kisah menarik dalam perjalanan bisnis Gyan diluar lapangan hijau. Ia sempat memutuskan untuk menjadi promotor tinju di negaranya. Usahanya dalam mengembangkan olahraga adu jotos di negaranya terhitung cukup berpengaruh.

Gyan sempat mengundang petinju sekelas Floyd Mayweather untuk datang ke Ghana dalam mempromosikan olahraga tinju agar semakin familiar bagi masyarakat Ghana. Gyan sendiri berpendapat, sejatinya di negara Ghana banyak memiliki petinju yang hebat, namun karena ketidak populerannya mereka yang menggemari tidak pernah benar-benar dikenal dunia.

Kesuksesannya sebagai pemain pesepakbola dan juga memiliki beberapa bisnis yang sedang dijalankannya membuat pria yang kini berumur 33 tahun menjadi salah satu orang terkaya di Afrika. Kekayaan bersih dari Asmoah Gyan diperkirakan lebih dari 400 miliar rupiah.

Gyan pemain yang berposisi sebagai penyerang. Dengan torehan gol sebanyak 51 pada timnas Ghana di semua kompetisi resmi, sekaligus ia dinobatkan menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah untuk timnas Ghana. Ia memiliki perjalanan karier yang cukup panjang karena pernah melanglang buana di Liga Italia, Inggris, hingga Tiongkok. Diantaranya ia sempat berseragam Udinese, Sunderland hingga Shanghai SIPG.


Baca Juga :
- Restoran Zenetti Rasa Museum
- Kafe Giggs dan Neville

Selain itu, ia juga sempat dinobatkan menjadi pemain terbaik Afrika menurut BBC. Hebatnya Gyan mengalahkan beberapa pesaing ternama seperti teman senegaranya Andre Ayew, striker Kamerun Samuel Eto'o, dan dua pemain terkenal asal Pantai Gading, Yaya Toure dan Didier Drogba.*CR6


 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA