#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Indonesia Serahkan Surat Bidding Tuan Rumah Olimpiade 2032
19 Februari 2019 11:02 WIB
LAUSANNE - Satu langkah maju dibuat Indonesia dalam usaha mengikuti bidding menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Langkah itu adalah penyerahan surat Presiden RI Joko Widodo kepada Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach.

Surat yang diserahkan Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman D Hadad kepada Executive Director IOC Christophe Dubi itu berisi pernyataan Indonesia berminat mengikuti bidding tuan rumah Olimpiade 2032.

Sebelumnya Presiden Jokowi secara telah menyampaikan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah kepada Presiden IOC Thomas Bach. Keinginan itu disampaikan saat Thomas Bach berkunjung ke Indonesia pada Asian Paragames 2018 Jakarta/Palembang.


Baca Juga :
- Cetak Gol Penentu Indonesia Juara, Begini Komentar Osvaldo Hay
- Babak Pertama Indonesia Lawan Thailand Imbang

"IOC sudah mengakui kapabilitas Indonesia saat penyelenggaraan Asian Games dan Asian Paragames 2018. Kami merasa ini menjadi pondasi yang kuat," kata Cristophe Dubi.

Duta Besar RI untuk Swiss menyampaikan surat pencalonan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 ini menjadi kesempatan untuk menunjukkan kemampuan ekonomi dan Indonesia. Terutama sebagai negara dengan pendudukan terbanyak keempat di dunia, sekaligus Anggota G-20.


Baca Juga :
- Indonesia ke Final Piala AFF U-22, Bung Yuke: Juara Sekalian!
- Luthfi Kamal Bawa Indonesia ke Final Piala AFF U-22 2019

"Ini momen tepat untuk menunjukkan kapabilitas Indonesia sebagai negara besar. Tentu saja pengalaman Indonesia di Asian Games dan Asian Paragames 2018 menjadi bahan pertimbangan," ujar Muliaman D Hadad.

Penetapan tuan rumah Olimpiade 2032 ini paling lambat dilakukan pada 2024. Saat ini selain Indonesia, yang menaruh minat menjadi tuan rumah adalah kandidat bersama Korea Selatan dan Korea Utara. Mereka ingin bersama-sama menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.*Ari DP

BERITA TERKAIT

Penulis
news
Penggemar semua cabang olahraga. Asli Yogyakarta, KTP Sleman, tinggal di Jakarta.
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA