#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Tragedi 15 April 2018 dan Kesiapan Panpel, Jelang Arema vs Persib
20 February 2019 18:28 WIB

MALANG – Publik sepak bola nasional tidak akan lupa tragedi memilukan Minggu, 15 April 2018, di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang. Pasca laga Arema FC versus Persib Bandung yang berkesudahan imbang 2-2, terjadi insiden kondisi force majeure selama 100 menit dalam laga yang diwasiti Handri Kristanto asal Semarang itu.

Ketua Panpel Arema FC, Abdul Haris kembali harus ekstra keras mempersiapkan sekaligus mengantisipasi jelang laga Piala Indonesia 2018 Babak 16 Besar Leg-2, di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang. Laga Arema FC versus Persib Bandung, Jumat, 22 Januari 2019 pukul 19.00 WIB nanti, dia memprediksi tetap akan menarik animo tinggi Aremania. Salah satunya mempersiapkan pengamanan standar VVIP, 1.200 personil gabungan TNI-Polri dan pam-swakarsa panpel.

“Kami memprediksi antusias Aremania menyaksikan laga Arema FC melawan Persib Bandung pada Leg kedua Piala Indonesia 2018, Jumat 22 Februari 2019 malam, akan tetap tinggi. Kami tentu tidak mau kecolongan dan terjadi lagi insiden 15 April 2018 lalu. Jauh-jauh hari kami telah sosialisasikan himbauan, beberapa larangan, antisipasi, dan peraturan baru untuk para penonton,” jelas Abdul Haris, kepada TopSkor.id.

Diantaranya, larangan untuk memasang spanduk di semua sektor pagar tribun, karena menghalangi pandangan penonton. Kemudian untuk pedagang asongan wajib memiliki ID Card dan berompi dengan area berjualan terbatas. Selain itu, panpel bersama pihak Kepolisian menghimbau Aremania yang tak bertiket tidak masuk di area lahan luar  stadion aplagi memaksakan masuk. Juga dihimbau tak membeli tiket lewat calo, namun melalui ticket box atau korwil yang resmi bekerjasama dengan Panpel Arema FC.

"Berkerjasama dengan kepolisian melakukan penyisiran penonton tak bertiket di area luar stadion, kemudian memulangkannya. Pedagang asongan wajib ber-ID card atau berompi, serta tidak boleh lagi berjualan di area tribun penonton. Mereka sekarang hanya diperbolehkan berjualan di area paling atas tribun dan di batas tembok atas tribun berdiri. Pembelian tiket langsung ke ticket box dan korwil yang resmi, tidak lewat calo. Dilarang memasang spanduk di semua pagar tribun, kami membuat pemetaan dari tingkat kehadiran suporter jam berapa, lalu pemeriksaan lebih ketat lagi terkait petasan, flare, kembang api dan sebagainya. Memperbanyak pengamanan di dalam dan luar area stadion, antisipasi melubernya penonton yang dikhawatirkan akan dapat masuk ke area pertandingan,," imbuh Abdul Haris.

Saat terjadi tragedi memilukan Minggu, 15 April 2018, serbuan sekitar 7.500 Aremania dari total 31.653 orang penonton melompati pagar tribun ke settle band dan tengah lapangan saat bola masih dipegang kiper Persib, Muhammad Natshir Mahbuby. Serbuan  ribuan penonton menjadi semburat tak terkendali. Upaya petugas keamanan dari pihak kepolisian maupun panpel (stewart) menghalau mereka sia-sia, termasuk semburan gas air mata.
Amuk oknum Aremania dari tribun ekonomi timur sertamerta jatuh korban 220 Aremania dan petugas keamanan. Bahkan satu korban meninggal dunia atas nama Dhimas Duha Romli (16 tahun) yang menghembuskan nafas terakhir, Rabu (18/04/2018) sore, di RS dr. Saiful Anwar, Malang. Almarhum Dhimas diduga alami sesak nafas setelah menghirup gas air mata dan terinjak-injak penonton lainnya.

Piala Indonesia 2018 (Babak 16 Besar Leg-2)
Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang
Jumat, 22 Januari 2019 (19.00 WIB)
Arema FC vs Persib Bandung

Sejumlah antisipasi, larangan dan peraturan Panpel Arema FC

1. Mempersiapkan pengamanan standar VVIP, 1.200 personil gabungan TNI-Polri dan pam-swakarsa panpel
2. Larangan untuk memasang spanduk di semua sektor pagar tribun
3. Pedagang asongan wajib memiliki ID Card dan berompi dengan area berjualan terbatas
4. Menghimbau Aremania yang tak bertiket tidak masuk di area lahan luar  stadion
5. Dihimbau Aremania tak membeli tiket lewat calo, namun melalui ticket box atau korwil yang resmi bekerjasama dengan Panpel Arema FC.
6. Membuat pemetaan, mulai dari tingkat kehadiran suporter jam berapa
7. Pemeriksaan ketat terkait petasan, flare, kembang api dan sebagainya
8. \Memperbanyak pengamanan di dalam dan luar area stadion

 

BERITA TERKAIT

news
__backpacker-nya Top Skor di Jawa Timur dan sekitarnya__(that's one thing you learn in sports, you don't give up and you fight to the finish)
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA