#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Dayung Bidik 9 Emas SEA Games 2019, Modal Menuju Olimpiade 2020
27 February 2019 23:16 WIB
JAKARTA – SEA Games 2019 sudah di depan mata. Segenap cabang olahraga (cabor) di Tanah Air telah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk berlaga di Filipina.

Termasuk, dari Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI). Cabor yang dipimpin Basuki Hadimuljono ini menargetkan sembilan medali emas pada pesta olahraga antarnegara Asia Tenggara tersebut.

Jumlah tersebut merupakan setengah dari seluruh medali pada sub cabor air tersebut. Itu meliputi dayung, kano, kayak, dan perahu naga pada SEA Games 2019.


Baca Juga :
- Timnas U-23 Latihan Bakda Subuh demi Merebut Emas SEA Games
- Sore Nanti, Timnas U-23 Mulai Gelar TC di Yogyakarta

“Target kami sembilan emas dari 18 nomor yang diperlombakan pada edisi ke-30 SEA Games ini. Optimistis? Tentu,” kata Basuki dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PODSI 2019 di Auditorium Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Rabu (272).

“Ini berdasarkan pencapaian pada Asian Games 2018. Ketika itu, kami meraih satu medali emas, lima perak, dan empat perunggu.”

Sosok yang menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini tidak asal bicara. Menurutnya, Rakernas PODSI ini jadi titik tolak cabor dayung Indonesia untuk menyiapkan atlet-atlet junior tiga event mendatang.

Setelah SEA Games 2019, juga untuk kualifikasi Olimpiade 2020. Selain itu, ada Pekan Olahraga Nasional (PON).

“Kami berharap, dapat meloloskan atlet dalam cabang dayung dan kano pada kualifikasi ke Tokyo (Olimpiade 2020),” Basuki, menegaskan.

Evaluasi dan Program
Pernyataan senada diungkapkan Ketua Bidang Organisasi PODSI Hifni Hasan. Menurutnya, Rakernas 2019 ini bertujuan untuk mengevaluasi program kerja cabor dayung dan kano Indonesia pada 2018 serta perencanaan program tahun ini.

“Ada 26 pengurus provinsi yang hadir dalam Rakernas 2019. Kami berkumpul untuk fokus pada pencapaian berbagai target yang telah ditetapkan ketua umum dalam SEA Games 2019 dan kualifikasi Olimpiade 2020,” mantan Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (KOI) ini mengungkapkan.

SEA Games 2019 berlangsung pada 30 November hingga 11 Desember mendatang. Hifni menilai, pencapaian pada Asian Games 2018 yang skala Asia tentu bisa diterapkan pada SEA Games 2019 yang levelnya masih Asia Tenggara.

“Untuk itu, kami sudah menyiapkan atlet-atlet junior dalam SEA Games 2019. Sebab, mereka akan jadi atlet pelapis dalam persiapan kualifikasi Olimpiade 2020,” ujar calon legislatif DPR RI dari Partai Demokrat tersebut.


Baca Juga :
- Tim Sambo Indonesia Butuh Mitra Tanding yang Lebih Kuat
- Erick Thohir: Dukung Atletmu di SEA Games 2019 Melalui Televisi Nasional

Hifni juga menyebut, pembahasan Rakernas PODSI 2019 ini terkait penyesuaian kebijakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Utamanya, mengenai komposisi atlet junior dan senior Indonesia pada SEA Games 2019.

Bisa dipahami mengingat event yang berlangsung di Filipina itu bukan tujuan utama. Melainkan, sebagai modal menuju Olimpiade 2020 yang skalanya jauh lebih besar.***

BERITA TERKAIT

news
Juventini pemilik akun twitter dan instagram @roelly87
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA