#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Lebih dalam Mengenai Long Lap Penalty, Peraturan Baru MotoGP
04 March 2019 14:30 WIB
DOHA - MotoGP musim 2019 hanya tinggal menghitung hari. Seri pembuka musim akan digelar di Qatar pada Minggu (10/3) ini.

Jelang balapan pembuka tersebut, MotoGP memperkenalkan peraturan baru yang akan aktif sejak balapan pertama di Qatar tersebut. Peraturan tersebut bernama Long Lan Penalty (LLP). Lantas, apa gerangan LLP ini?

Singkatnya, Long Lap Penalty merupakan hukuman yang akan diterima oleh para rider apabila sang rider melanggar batas lintasan atau pelanggaran lain yang dinilai layak mendapatkan sanksi oleh steward.


Baca Juga :
- Marquez Sebut Pembalap Muda Ini Belum Merasakan Tekanan MotoGP
- INFOGRAFIS: Performa Rossi di Setengah Musim MotoGP 2019

LLP mengharuskan rider melewati sebuah jalur khusus, yang biasanya berada di bagian run-off (bagian luar) tikungan yang beraspal. Tiap sirkuit nantinya akan diberi tanda khusus area hukuman Long Lap Penalty.

Sebagai contoh di Sirkuit Internasional Losail. Peraturan Long Lap Penalty ini akan mulai diterapkan sejak seri pembuka musim, yakni MotoGP Qatar. Jalur khusus Long Lap Penalty akan tersedia di sisi luar tikungan ke-6 sirkuit.

(Salah satu area khusus LLP di Sirkuit Internasional Losail)

Dengan melewati jalur khusus ini, rider yang terkena hukuman Long Lap Penalty akan kehilangan waktu beberapa detik. Hukuman ini dinilai lebih adil ketimbang melayangkan hukuman penalti turun satu posisi.

Setelah dinyatakan mendapatkan hukuman Long Lap Penalty, rider memiliki waktu sampai 3 lap untuk menjalankan hukuman tersebut. Apabila tidak dijalankan, maka steward balapan bisa mengambil tindakan dengan memberikan hukuman yang setimpal dengan Long Lap Penalty.


Baca Juga :
- Jeda Musim Panas, Marquez Masih Jadi Favorit
- Sirkuit Silverstone Sulitkan Pembalap MotoGP

Race Director MotoGP, Mike Webb, menilai LLP lebih mudah, aman dan bisa dimonitor. Selain itu, hukuman ini diprediksi akan membuat rider yang mendapat hukuman kehilangan 3-4 detik.

Long Lap Penalty sejatinya sudah diuji coba saat tes pramusim di Qatar beberapa waktu lalu. Peraturan baru ini ternyata mendapatkan banyak respon positif dari rider-rider MotoGP 2019. ***

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA