#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Cerita Atlet Bali MMA ONE Championship Selama Nyepi di Bali
07 Maret 2019 17:08 WIB
DENPASAR - Kamis 7 Maret 2019 masyarakat Indonesia yang beragama Hindu merayakan Hari Raya Nyepi. Pulau Bali pasti menjadi pusat perhatian karena mayoritas masyarakatnnya beragama Hindu.

Oleh karena itu masyarakat pendatang atau yang bukan beragama Hindu, turut menyesuaikan dengan aturan selama Nyepi berlangsung. Tidak terkecuali buat atlet ONE Championship yang tergabung dalam tim Bali MMA.

Stefer “The Lion” Rahardian, salah satu atlet andalan Bali MMA, berbagi cerita aktivitas selama Nyepi. Menurutnya ada berbagai upacara adat yang digelar sebelum perayaan ini. termasuk Pengerupukan yang bertujuan mengusir ‘Buta Kala’ atau kejahatan.


Baca Juga :
- Bulan Puasa, Petarung One Championship Tetap Keras Berlatih
- Dukungan Keluarga Buat Kemenangan Petarung Indonesia Ini Terasa Lebih Spesial

Upacara itu biasanya digelar pada sore hari, setelah upacara Mecaru yang dilanjutkan dengan perayaan ogoh-ogoh pada malam hari. “Jadi latihan pribadi selama Nyepi jelas tidak bisa dilakukan. Bahkan tidak ada kegiatan sama sekali,” kata atlet divisi strawweight ini. 

Sebagai bagian penghormatan terhadap Nyepi, pusat kebugaran atau gym yang dimiliki Bali MMA juga tutup sampai perayaan berakhir. Sebagai warga pendatang Stefer Rahardian sadar pentingnya berbaur dengan budaya setempat.

“Sebagai atlet Bali MMA cara saya dan teman-teman menyesuaikan diri dengan Bali adalah saling menghargai, terutama saat di luar tempat latihan,” jelasnya.


Baca Juga :
- Jonathan Haggerty, Juara Baru Muay Thai ONE Championship!
- Mutlak! Priscilla ‘Thati’ Lumban Gaol Kalahkan Petarung Asal Kamboja

Sedangkan Anthony “The Archangel” Engelen, atlet Bali MMA yang bertarung di ONE Championship, mengaku ini merupakan tahun pertama berada di Pulau Dewata saat Nyepi. Atlet berdarah campuran Indonesia-Belanda itu sudah berbelanja logistik selama Nyepi.

“Selama Nyepi ya hanya santai. Selain melakukan refleksi pribadi dan meluangkan waktu buat tubuh untuk istirahat," katanya. Ia tidak lupa mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi buat seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan.*Ari DP

BERITA TERKAIT

Penulis
news
Penggemar semua cabang olahraga. Asli Yogyakarta, KTP Sleman, tinggal di Jakarta.
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA