#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Barca Harus Belajar dari Musim Lalu
15 Maret 2019 04:01 WIB
BARCELONA satu-satunya wakil Spanyol dalam Liga Champions 2018/19. Dan, bahaya telah menanti Los Azulgrana dalam perempat final nanti. Siapa pun lawan yang akan dihadapi, pertarungan di perempat final tidak akan mudah untuk Lionel Messi dan kawan-kawan. Ya, kemenangan 5-1 atas Olympique Lyon, Rabu (13/3) atau Jumat dini hari WIB, memang telah membawa klub asal Katalunya ini ke fase berikutnya. Pencapaian yang mereka raih selama 12 tahun terakhir.

Seperti diketahui, ada empat klub Inggris yaitu Manchester City, Manchester United, Tottenham Hotspur, dan tentu Liverpool. Lalu ada satu klub asal Belanda, Ajax Amsterdam, satu klub Portugal, FC Porto, dan satu klub Italia, Juventus. Merekalah salah satu yang akan menjadi lawan Barcelona. Ini tidak akan mudah bagi Barcelona. Jika melihat rapor Los Azulgrana dalam lima tahun terakhir di Liga Champions, mereka meraih gelar ini kali teakhir pada 2014/15.

Setelah itu, Barcelona begitu kesulitan bahkan untuk mencapai semifinal. Langkah mereka selalu terhenti di perempat final. Musim 2015/16 contohnya, mereka juara La Liga namun gagal meraih gelar Liga Champins setelah terhenti di perempat final karena takluk dari Atletico Madrid. Ketika itu, mereka menang pada pertemuan pertama, 2-1. Meski demikian, di laga kedua di kandang Atletico, kalah 0-2. Dua gol yang diciptakan Antoine Griezmann. Sedangkan pada musim selanjutnya, langkah Barcelona dihentikan Juventus.


Baca Juga :
- Ezra Walian
- Harus Selalu Lapar Gelar

Pada laga pertama, Barcelona sudah kalah 0-3. Padahal, sebelumnya pada 16 besar, mereka mampu tampil dalam laga heroik dengan mengalahkan Paris Saint Germain, 6-1. Kemenangan yang sekaligus memupus harapan klub asal Prancis tersebtu setelah di pertemuan pertama Barca kalah 0-4. Jadi, seperti musim ini, setelah mengalahkan Lyon dengan jumlah gol yang cukup telak, mereka tetap harus waspada pada fase selanjutnya, di perempat final. Pada laga kedua perempat final 2016/17, Barcleona justru tidak mampu menorehkan gol.


Baca Juga :
- Sanksi yang Tepat untuk CR7
- Sarri Pantas Mendapatkan Kesempatan Kedua

Musim selanjutnya, atau musim lalu, Barcelona juga meraih hasil mengesankan dalam 16 besar seperti musim ini. Pada laga pertama imbang 1-1 lawan Chelsea, namun kemudian mereka sukses ke perempat final setelah menang 3-0 atas klub asal Inggris itu dalam laga kandang di Stadion Camp Nou. Di perempat final, mereka menang 4-1 atas Roma. Namun, ironis, dalam laga kedua, mereka justru takluk 0-3. Mereka kemudian terlempar karena kalah dalam gol tandang.

Jadi, Barcleona harus belajar dari tiga musim terakhir. Mereka memang tim yang selalu masuk dalam kategori favorit. Namun, demikian, tren belakangan memperlihatkan bahwa pasukan Ernesto Valverde seperti selalu lengah, bahkan sedikit meremehkan lawan-lawan mereka. Inilah yang membuat langkah Barcleona hanya sampai perempat final.*Irfan Sudrajat
 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA