#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Ini Idola Petarung MMA Indonesia
16 Maret 2019 14:05 WIB
JAKARTA - Dalam sejarah olahraga dunia, termasuk dalam mixed martial arts (MMA), ada beberapa tokoh yang layak digelari “Greatest Of All Time,” atau GOAT. Mereka menjadi legenda berkat berbagai capaian spektakuler maupun peristiwa-peristiwa luar biasa lain dalam perjalanan karier sebagai atlet.

Hal ini diakui oleh beberapa atlet ONE Championship asal Indonesia yang berbagi inspirasi tentang tokoh idola mereka secara pribadi – yang menjadi panutan serta penyokong semangat dalam terus mengembangkan diri dan meraih prestasi.

Rudy "The Golden Boy" Agustian, atlet yang saat ini mengantongi tiga kemenangan berturut-turut bersama ONE, memiliki dua tokoh idola, yaitu Jonathan Dwight “Jon” Jones – juara divisi light-heavyweight UFC asal Amerika Serikat – dan Fransino Tirta, seorang atlet grappler nomer satu di Indonesia.


Baca Juga :
- Juara Gulat Indonesia Ini Bidik Debut di One Championship
- Atlet ONE Championship Bicara Bagaimana Martial Arts Melawan Rasisme

Fransino sendiri adalah pelatih Rudy, yang menghantarkannya melaju meraih prestasi dalam divisi flyweight di ONE – yang terbukti dengan kemenangan besar Rudy pada ajang ONE: CALL TO GREATNESS akhir Februari lalu.

Kedua orang ini menjadi idola Rudy karena memiliki kemampuan yang sangat baik.

“Skill dan gaya permainan mereka menunjukan bahwa kedua orang ini adalah petarung MMA yang sangat baik. Mereka sangat well-rounded, mulai dari striking, takedown, takedown defense, kuncian, semuanya bagus. Permainan mereka sangat efisien dan efektif,” kata Rudy.

Ia selalu menyempatkan menonton setiap pertandingan maupun rekaman laga dari para idolanya tersebut. Menurut “The Golden Boy,” ada berbagai hal yang dialami seorang atlet MMA, yang juga bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang; di antaranya adalah semangat pantang menyerah.

“Kekalahan atau kegagalan merupakan pelajaran berharga untuk maju. Saya tidak akan mencapai titik seperti ini, tanpa ada kekalahan atau kegagalan,” katanya.

Lain halnya dengan Anthony “The Archangel” Engelen, atlet Bali MMA yang akan tampil pada ajang ONE: A NEW ERA akhir Maret nanti di Jepang.

Anthony mengaku bahwa atlet legendaris idolanya adalah George St-Pierre seorang yang diakui sebagai salah satu atlet terhebat dalam sejarah MMA dunia walau ia sudah pension. Atlet ini memiliki berbagai gelar juara divisi ganda, yaitu dalam divisi welterweight dan middleweight.

“Yang menjadikan George sebagai ‘GOAT’ adalah karena pertama, ia tak terkalahkan untuk jangka waktu yang lama. Ia memegang gelar juara dunia dalam periode yang lama,” kata Anthony.

“Ini bukan hanya tentang bagaimana ia tampil di atas ring, tapi juga terkait kehidupannya di luar ring. George selalu tampil sebagai sosok yang sangat rendah hati dan santun, dimana saya sangat menghargai prinsip tersebut.”

Petarung divisi lightweight ini juga berbagi pengalamannya bertemu dengan salah satu idolanya, yaitu Demetrious “Mighty Mouse” Johnson.

“Saya bertemu dengannya di Singapura, sehari sebelum pertandingan saya. Kami sempat berbincang sebentar, berfoto bersama. Ia pria yang sangat rendah hati dan bersahabat. Keesokannya kami bertemu lagi, setelah pertandingan ia mengucapkan selamat,” ujar Anthony.

Atlet berdarah Indonesia-Belanda ini kemudian menyampaikan harapannya pada Demetrious agar suatu saat mereka bertanding di card yang sama.


Baca Juga :
- Alasan Mengunduh ONE Super App Untuk Penggemar MMA di Tanah Air
- Ajang Pertama ONE Championship di Negeri Matahari Terbit

“Ternyata alam semesta memang bekerja seperti itu, karena tanggal 31 Maret nanti saya akan bertarung di card yang sama dengan DJ,” lanjutnya.

Menurut The Archangel, pengalamannya sebagai atlet MMA yang bisa menginspirasi orang lain adalah tentang sikap yang pantang menyerah.*
 

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA