#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Modifikasi Tiki-Taka Barca Berbuah Permainan Efektif, Bisa Dipakai saat lawan MU
18 March 2019 22:45 WIB
USAI mengalahkan Real Betis, kapten FC Barcelona Lionel Messi memuji pelatihnya, Ernesto Valverde. Dikatakan, Valverde telah menerapkan strategi yang brilian sehingga Barca bisa bermain sangat efektif. Messi menyampaikan itu lantaran terkesan dengan strategi baru yang dianggap lebih segar.

Sebagai gambaran, para pemain Betis menuntaskan 581 operan, sedangkan Barca 460. Tapi, Betis hanya punya tiga tembakan ke gawang, sedangkan Barca sembilan. Artinya, kuantitas operan tidak menjamin permainan jadi lebih efektif. Ya, Valverde seperti ingin membuat permainan Barca lebih efektif.

Ulasan ini dipaparkan di situs 360sport yang menjelaskan pula Barca jadi seperti tim yang mengandalkan serangan balik. Pasalnya, saat Betis menguasai bola, para pemain terlihat pasif dan hanya menekan di beberapa posisi saja. Tapi, saat bola sudah dikuasai, sesegera mungkin didorong ke depan.


Baca Juga :
- Prediksi Bournemouth vs Man City; Harus Cepat Kembali ke Posisi Tertinggi, Ada Siaran Langsungnya
- Mantap! Ini Pendapatan Berlimpah Pacquiao dan Thurman Usai Pertarungan

Sebenarnya tidak juga seperti itu. Tiki-taka tetap dipakai tapi sedikit dimodifikasi. Saat anak-anak Barca sudah menguasai bola, bakal luar biasa sulit merebutnya. Namun, kunci dari permainan gaya baru ini adalah di pertahanan. Valverde mengambil risiko lawan bisa masuk sampai ke dalam.

Di sinilah ujian untuk Gerard Pique dan Clement Lenglet. Tapi, tetap dibantu oleh Sergio Busquets dan Ivan Rakitic. Di laga lawan Betis, Valverde pun memakai formasi 4-2-2 lantaran Ousmane Dembele cedera tapi hasilnya bagus. Kini, dengan cederanya Luis Suarez, formasi ini bakal kembali dipakai.


Baca Juga :
- Willian Dapat Nomor 10 tapi Fan Chelsea Malah Marah, Ini Alasannya
- Prediksi Line-up Barca vs Chelsea, Ada Griezmann dan Pulisic, Mainnya di Jepang

Masih ada beberapa pertandingan untuk menguji strategi ini sebelum bertemu Manchester United (MU) di perempat final Liga Champions. Saat para pemain Barca sudah fasih memakai strategi ini, melawan MU jadi lebih mudah. Soalnya, karakter MU yang gemar menyerang harus ditaklukan dengan cara yang berbeda.

Jika sudah lancar, Barca bisa bermain dari kedalaman. Bermain sabar dan bertahan solid, lalu saat bisa merebut bola, dipertahankannya dengan semaksimal mungkin untuk segera diarahkan ke pertahanan lawan. Tanpa Suarez dan Dembele, mungkin efektivitas permainan ini bisa jadi solusi untuk Barca.*

BERITA TERKAIT

D
BarC4!
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA