#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Ide Gila! Kloning Messi Bisa Dilakukan oleh Profesor Ini, Kemampuannya akan Sama Persis
21 Maret 2019 06:27 WIB
BARCELONA – Kompetisi berhenti sesaat karena ada jeda internasional. Berbagai media pun lebih banyak memberitakan soal isu transfer pemain meski bursa belum dibuka. Namun, media yang berasal dari Katalan, Mundo Deportivo, memasang judul besar di halaman depannya.

“Kloning Messi Bisa Dilakukan, Hasilnya akan Sama Persis,” begitu yang tertulis. Kontan, judul yang sangat mengejutkan itu membuat orang langsung tertarik untuk membaca isinya. Ternyata, menurut kajian ilmiah yang disampaikan Arcadi Navarro, seorang profesor dari European Genome Archive (EGA).

“Ya, sangat memungkinkan mengkloning Messi dengan segala kemampuan yang dimiliki saat ini,” kata Navarro. EGA adalah sebuah lembaga riset yang fokus pada eksperimen genetika. Soal kloning, sudah jadi makanan sehari-hari lembaga itu dan Navarro adalah satu pakar genetika di sana.


Baca Juga :
- Kalau Mane Pergi, Liverpool Bakal Ambil Eks Pemain MU Ini untuk Penggantinya
- Jelang Liga Champions, Skuat Utama Man City Tidak Lengkap, Ini Solusi Guardiola

Kloning sendiri sederhananya adalah membuat duplikasi dari satu mahluk hidup. Diambil DNA lalu melewati beberapa proses sehingga menghasilkan mahluk yang sama persis. Namun, kloning manusia belum pernah dilakukan. Sedangkan yang pernah sukses adalah kloning kambing.


Baca Juga :
- Ampuh! Ini Kalimat Pique agar Costa Tak Ngoceh dan Mau Keluar Lapangan
- Sudah Tua dan Tak Diperpanjang, Striker Roma Ini Mau Balik ke Mantan Pelatihnya

Tepatnya pada 1996 seekor kambing dihasilkan hasil kloning di Institut Roslin, Skotlandia. Sedangkan untuk kloning manusia setidaknya ada tiga pertimbangan utama sehingga belum bisa dilakukan yaitu soal beratnya melakukan itu, etika, dan aspek komersial.

Kasus Messi dipandang beda lantaran FC Barcelona dan timnas Argentina sudah pasti akan terus membutuhkan manusia sepertinya. Sedangkan, Messi sebagai manusia biasa punya jangka waktu terbatas yaitu usia. Jika kloning Messi bisa dilakukan, Barca akan terus punya pemain sepertinya. Gila.*

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA