#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Sam-A Gaiyanghadao Kembali Dalam Pertaruhan Gelar Juara Dunia
24 April 2019 13:35 WIB
JAKARTA - Setelah sempat tidak bertanding selama hampir satu tahun dalam ajang ONE Championship, kembalinya Sam-A Gaiyanghadao adalah sesuatu yang ditunggu oleh para penggemar seni bela diri di dunia.

Juara Dunia ONE Super Series Flyweight Muay Thai ini akan kembali bertanding sebagai bagian dari sajian utama dalam ajang ONE: FOR HONOR, pada 3 Mei di Jakarta.

Petarung legendaris asal Thailand ini akan mempertahankan sabuk emasnya melawan Jonathan Haggerty dari Inggris di Istora Senayan Jakarta, Indonesia. Dapat dipastikan bahwa Sam-A telah siap untuk memberikan penampilan luar biasa bagi para penonton di seluruh dunia.


Baca Juga :
- Bulan Puasa, Petarung One Championship Tetap Keras Berlatih
- Dukungan Keluarga Buat Kemenangan Petarung Indonesia Ini Terasa Lebih Spesial

“Waktu istirahat tersebut tidak memberikan efek apapun bagi saya. Walaupun saya belum bertanding, saya masih berlatih tiap hari. Saya juga memelihara tubuh saya dengan baik,” kata atlet berusia 35 tahun ini.

Sam-A sempat beberapa kali menjadi Juara Dunia Muay Thai, dimana ia dikenal sebagai salah satu atlet terbaik sepanjang masa – yang juga terbukti dari catatan rekornya di 366-46-9.

Petarung yang telah menjalani lebih dari 400 pertandingan ini saat ini berlatih di Singapura bersama tim Evolve. Dalam debutnya bersama ONE, ia mengalahkan Joseph “The Hurricane” Lasiri dengan mudah pada ronde kedua.

Sam-A juga mencetak sejarah dengan memenangkan pertandingan Muay Thai pertama yang diadakan oleh ONE. Ia melanjutkan prestasinya dengan menjadi Juara Dunia ONE Super Series Muay Thai dengan mengalahkan Sergio “The Samurai” Wielzen.

Sejak saat itu, ONE Super Series menjadi salah satu daya tarik terkuat dari ONE, yang membuat banyak petarung terbaik dalam cabang olahraga kickboxing dan Muay Thai bergabung. Dalam hal ini, Sam-A berperan besar untuk membawa Muay Thai ke tingkat dunia.

“Saya sangat berbahagia melihat banyak atlet asal Thailand di ONE saat ini. Sangat luar biasa untuk melihat banyak atlet berbakat yang mewakili negara saya dalam tingkat internasional,” katanya.

“Banyak petarung terbaik di Thailand saat ini bertanding dalam ONE Super Series. Sangat luar biasa untuk melihat sejauh apa pencapaiannya dalam waktu yang singkat.”

Satu-satunya hal yang tidak nampak satu tahun lalu adalah seseorang yang memberikan mereka tempat untuk bertanding, yaitu Sam-A sendiri.

Saat ini, Sam-A sedang menjalani persiapan intensif untuk menghadapi Jonathan, seorang Juara Dunia Roar Combat League yang juga adalah seorang petarung berbahaya.

“Saya pernah melihat Jonathan bertanding sebelumnya – ia sangat tinggi,” kata Sam-A. “Ia memiliki kecepatan luar biasa dengan sikutan berbahaya dan tendangan yang solid. Saya harus berhati-hati dengan serangan baliknya, karena factor tinggi badannya. Saya tidak akan bermain-main.”

Walau ia sempat khawatir akan lawannya, Sam-A sangat yakin bahwa ia akan memenangkan gelar Juara Dunia berkat persiapannya. Salah satu hal yang menarik adalah kerendahan hatinya walau ia memiliki pengalaman bertarung jauh lebih banyak dari lawannya, Jonathan.

Ia meningkatkan intensitas latihannya dan membuat sebuah rencana pertandingan bersama pelatihnya, seorang Juara Dunia legendaris lainnya bernama Nonthachai Sit-O.

“Ia mendorong saya sangat keras! Ia masih mengajar saya dan memastikan bahwa setiap teknik saya tetap tajam,” jelas Sam-A.


Baca Juga :
- Jonathan Haggerty, Juara Baru Muay Thai ONE Championship!
- Mutlak! Priscilla ‘Thati’ Lumban Gaol Kalahkan Petarung Asal Kamboja

Sam-A juga mempertahankan staminanya dengan mencampur menu latihannya dengan metode modern dan sebuah latihan body conditioning ala Muay Thai yang telah ia gunakan selama lebih dari 30 tahun.

“Senin, Rabu, Jumat, kita berlatih dua kali sehari – dengan gaya Muay Thai. Selasa dan Kamis saya melakukan latihan untuk kekuatan, serta memastikan saya tetap aktif di akhir minggu dengan cara saya sendiri,” jelasnya.*

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA