#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
MotoGP Spanyol Akan Jadi Balapan ke-300 Kelas Primer
03 May 2019 15:30 WIB
VALENCIA – Seri balap keempat MotoGP akan digelar di Spanyol, tepatnya di Sirkuit Jerez, Minggu (5/5). Uniknya, ini akan menjadi balapan ke-300 kelas primer MotoGP.

MotoGP saat ini memiliki 3 kelas balap motor, yakni Moto3, Moto2 dan kelas primer MotoGP. Rider-rider seperti Valentino Rossi, Andrea Dovizioso dan Marc Marquez membalap di kelas primer.

Kelas primer MotoGP sendiri pertama kali diperkenalkan pada 2002. Ini sebagai dampak dari perubahan peraturan yang diterapkan oleh FIM, untuk memfasilitasi perubahan mesin dari 2 tak ke 4 tak. Setahun setelah peraturan berjalan, di MotoGP sudah tidak ada lagi tim yang menggunakan mesin 2 tak.


Baca Juga :
- Finlandia Jadi Tuan Rumah MotoGP 2020, Enam Pembalap Siap Jajal Sirkuit KymiRing
- Dibilang Bakal Pensiun, Rossi Keluarkan Pesan Menantang

Sebelum berganti nama ke kelas primer MotoGP, balapan kasta tertinggi MotoGP menggunakan motor bermesin 500cc. Barulah setelah perubahan peraturan, mesin 4 tak diperkenalkan, dan memiliki cc sampai 990.


Baca Juga :
- Kariernya Sudah Habis, Ini Jawaban Valentino Rossi
- Saya Berusaha Menyulitkan Marquez

Di musim ini sendiri, MotoGP telah menggunakan mesin 1000cc di kelas primer. Mesin 250cc masih digunakan, namun hanya untuk kelas Moto3. Sementara Moto2 menggunakan mesin 765cc.

Selama 299 balapan sejak diperkenalkannya kelas primer MotoGP, terdapat 23 rideer berbeda yang telah menjadi pemenang dalam balapan. Rider veteran di musim 2019, Valentino Rossi, menjadi rider yang paling sering menang dengan 76 kali juara balapan. ***

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA