#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Yao Ming : Si Raksasa yang Sukses
16 May 2019 04:15 WIB
YAO Ming, sang raksasa. Pria yang kini duduk sebagai Presiden Asosiasi Sepak Bola Basket Cina salah satu dari sejumlah atlet yang mengawali usaha atau bisnis setelah pensiun. Ada dua usaha yang dibangun pria yang kini berusia 38 tahun tersebut yaitu anggur dan restoran. Usaha minuman anggur mantan pemain NBA ini sudah dirintis sejak 2011 silam. Dan, anggur miliknya dinamai dengan namanya sendiri: Yao Ming.

Terkait pilihannya terhadap minuman anggur, Yao yang mantan bintang Houston Rockets, menilai bahwa anggur memiliki kekuatan yang membuat orang dapat berbagi dan menyatukan. “Anggur membuat hidup lebih menyenangkan,” kata Yao Ming. Dia pun memasarkan minuman anggurnya hingga ke Amerika Serikat (AS). Dan, tentu negara ini sudah sangat identik pula dengan Yao Ming karena dia pun lama tinggal di Negeri Paman Sam seiring ketika masih aktif sebagai pebasket NBA.

Bahan anggur atau buahnya pun berasal dari AS. Namun, Yao Ming memiliki pabrik pengolahan sendiri. Tapi, tidak semua usahanya berbau produk asing. Yao Ming pun membuka restoran dengan berbagai jenis makanan atau menu khas negeri kelahirannya. Yao Ming pun mendirikan Yao Restaurant & Bar yang juga terletak di Houston. Jenis makanannya merupakan makanan Cina dan Amerika.


Baca Juga :
- Lise Leveille : Beralih sebagai Dokter Anak
- Manisnya Sugarpova

Yao Ming sosok pebasket yang sukses baik saat masih berkarier dan setelah pensiun. Kedua usahanya tersebut pun diiringi dengan karier di bidang politik dan pemerintahan, masuk dalam Lembaga Legislatif di Cina. Dengan jabatan tersebut, Yao Ming dengan rekannya memiliki tugas untuk mengajukan proposal undang-undang. Ilmunya ini didapat dari kuliahnya.

Sebagai atlet, Yao Ming tahu bahwa kariernya tidak akan lama. Karena itulah, ketika dirinya mengalami cedera dan membuatnya sulit untuk terus bermain, Yao Ming pun langsung memutuskan untuk menjadi pengusaha dan aktif dalam dunia yang masih bersentuhan dengan olahraga. Di antaranya tentu kini dia menjadi orang nomor satu dalam Asosiasi Bola Basket Cina.* Irfan Sudrajat
 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA