#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
INFOGRAFIS: Kebutuhan Persib untuk Menghadapi Persipura
16 May 2019 10:27 WIB
BANDUNG – Persib Bandung berpacu dengan waktu. Jalan menuju laga pembuka Liga 1 2019 menjamu Persipura Jayapura di Stadion Si Jalak Harupat, tinggal dua hari. Pelatih kepala Robert Rene Alberts terus memaksimalkan waktu tersisa untuk memilih skuat inti Tim Maung Bandung.

Tetapi, pelatih asal Belanda itu harus sedikit kerja keras guna menyiasati berbagai kemungkinan. Satu-dua pemain yang jadi tumpuan justru belum bisa tampil dalam laga perdana. Akhirnya, untuk menyiasati kesulitan, mantan pelatih PSM Makassar itu menggunakan metode “terbaik”. 

“Yang pasti, kami harus kerja keras menghadapi situasi ini. Tidak ada waktu lagi dan harus secepatnya membentuk tim inti. Kalau misalnya Fabiano Beltrame (bek tengah) belum bisa tampil, kita bisa lihat siapa pemain terbaik pada posisi itu,” ujar Robert.


Baca Juga :
- Indra Mustafa Nyaman Berduet dengan Syaifulloh Maulana
- Jupe: Kesempatan Emas Indra dan Syaifulloh

Tugas Robert pun tidak hanya terpaku kepada lini belakang. Pelatih 64 tahun itu terus melakukan berbagai eksperimen untuk menyeimbangkan lini tengah Maung Bandung yang terbilang gemuk. 

“Kalau melihat kualitas tim ini, tidak jauh beda dengan sebelumnya. Karena itu, kami tinggal menyeimbangkan dengan materi yang ada terutama lini tengah. Kami akan terus mencari solusi,” ucap Robert.

Menghadapi tim tangguh Persipura Sabtu (18/5), menurutnya dibutuhkan pemain yang sudah berpengalaman dan matang di posisi masing-masing. Karena itu, nama-nama pemain senior kemungkinan besar masih jadi andalan Robert.

Komposisi pemain kemungkinan tidak akan jauh berbeda dibanding sebelumnya. Bedanya, pada laga nanti Persib akan mendapatkan dua tambahan dari sektor pemain asing, Artur Gevorkyan dan Rene Mihelic.

Dengan demikian, prediksi komposisi sementara Persib  bila menggunakan skema 4-4-2, penjaga gawang dipercayakan kepada Muhammad Natshir. Empat pemain di belakang minus Fabiano yaitu, Supardi, Bojan Malisic, Indra Mustafa, dan Ardi Idrus.
Lalu pada sektor tengah, Febri Haryadi, Hariono, Rene Mihelic serta Ghozali Siregar. Dan dua pemain di lini depan, Artur akan berpadu dengan Ezechiel N’Douassel. Namun, komposisi ini masih terbilang tentatif menyusul materi yang dimiliki Persib saat ini melimpah.

Yang jelas secara persiapan baik pada rutinitas latihan maupun game internal dalam dua pekan ini, dinilai Robert  sudah bagus. Artinya, anak asuhnya mengalami progres yang bagus ke depannya. “Tetapi, tim ini butuh peningkatan. Saya pikir masih ada waktu. Sambil kompetisi berjalan saya yakin akan kami dapatkan yang kami inginkan,” ujarnya. 


Baca Juga :
- Robert Albert Respect pada PSIS Semarang
- Bongkar Pasang Pemain Terus Dilakukan Robert Alberts

Di sisi lain, figur Supardi Nasir belum tergantikan dalam hal senioritas dan kewibaannya di mata pemain lain. Ban kapten pun siap kembali dikenakan oleh pemain bernomor punggung 22 ini. Di luar lapangan Supardi adalah sosok anutan di mata para pemain lain.

Sosoknya pantas dijadikan pemimpin bagi rekan-rekan setimnya. Kerap jadi imam bagi rekan-rekan lainnya pada waktu salat, menjadi alasan Supardi pantas memegang ban kapten di arena lapangan musim kompetisi 2019. Kecuali jika Supardi absen akibat akumulasi kartu kuning atau cedera, Bojan Malisic selalu menggatikannya.*Arief Nugraha K
 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA