#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Mohawk Style, Gaya Baru yang Menghidupkan Kembali Permainan Persija
16 May 2019 11:03 WIB
JAKARTA – Riko Simanjuntak tampil beda. Dalam laga menghadapi Shan United di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu (15/5), winger Persija ini menjalani laga Piala AFC 2019 dengan gaya rambut baru: mohawk. Potongan ini mengingatkan penampilannya saat pertama kali membela Persija, tahun lalu.

Kebetulan pula, dalam laga pemungkas Macan Kemayoran untuk ajang kontinental 2019 ini, Riko melesakkan satu gol. Inilah gol perdananya pada 2019. Dari 17 laga sebelumnya, meski tampil dalam 16 kesempatan, ia sama sekali tak mencetak gol. Ini berbanding terbalik dengan performanya pada musim lalu.

Saat debut bersama Persija, yakni dalam laga Suramadu Super Cup 2018, menghadapi Madura United di Stadion Gelora Bangkalan, anak Pematang Siantar ini melesakkan satu gol. Tak hanya melesakkan gol, Riko sekaligus menyumbang assist kepada ujung tombak Persija, Marko Simic.


Baca Juga :
- Gara-gara Madura United dan Persija, PSSI Didenda AFC Rp 27,8 Juta
- Daftar Pemain PSM untuk Final Leg Pertama Lawan Persija

Gelandang serang Bruno Matos juga hadir dengan gaya rambut baru. Pria Brasil itu mengecat rambutnya dengan warna keemasan. Sebelumnya, pemain yang kerap mengenakan bandana hitam ini diserang frustasi. Pangkalnya, kegagalannya mengesekusi penalti saat menghadapi Ceres Negros.

Seusai laga itu, Matos mandul. Dalam dua laga Piala Indonesia 2018/2019, menghadapi Bali Unied, ia tak mencetak gol. Potongan baru ini, sengaja atau tidak, mengantarkannya melesakkan trigol atau hattrick. Gol ini menambal pundi-pundi golnya menjadi 15. Kepercayaan diri Matos terlihat sudah pulih.

Kiper Persija, sekaligus kapten tim, Andritany Ardhiyasa pun punya potongan rambut baru. Tak seperti biasanya, kali ini Bagol, sapaan akrabnya, memodifikasi rambutnya jadi semi-mohawk. Penampilan baru tiga pemain Persija ini seolah menegaskan bahwa Persija terlahir kembali. Lahir lagi lewat kemenangan 6-1 atas Shan United.

Adapun dua gol Persija lainnya dilesakkan Novri Setiawan dan Hari Susanto. Sedang satu gol Shan United diciptakan Zin Min Thu. Meski menang besar, Persija tetap tak bisa melaju ke babak semifinal zona ASEAN. Persija hanya menempati peringkat ketiga Grup H dengan tujuh poin.

Kemenangan ini seperti menjadi isyarat bahwa tim asuhan Ivan Venkov Kolev ini sudah siap menatap 34 pertandingan Liga 1 2019, yang akan diawali dengan menghadapi Barito Putera di  Stadion 17 Mei Banjarmasin, 20 Mei mendatang. Persija seperti menegaskan siap mempertahankan gelar juara kompetisi.

Kolev mengatakan, ini bukan performa puncak tim asuhannya. Ia seperti ingin memberi pesan kepada Barito Putera, bahwa Persija siap menginvansi Banjarmasin untuk merebut kemenangan. “Seperti saya katakan, kalau skuatnya kami lengkap penampilan kami akan lebih baik,” ujar pria Blugaria itu.

Didenda AFC


Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Mengulik Sisi Negatif Persija
- Update Klasemen Liga 1 2019, Selasa Malam

Sementara itu, Persija kembali mendapat sanksi berupa denda dari AFC. Persija harus membayar 3.000 dolar (sekitar Rp42,7 juta) karena ulah suporter. Dalam laga menjamu Ceres Negros, 1 Mei lalu, penonton kedapatan melempar kertas gulungan ke dalam lapangan, yang itu melanggar Kode Disiplin Piala AFC.

Ini adalah kali kedua Persija mendapatkan sanksi dari konfederasi sepak bola Asia tersebut. Sebelumnya, fan Persija kedapatan memanjam ke pagar pembatas tribune dan melempar botol ke dalam lapangan. Itu terjadi dalam pertandingan pembuka Piala AFC 2019, saat menjamu Becamex Binh Duong.*** Furqon Al Fauzi 

BERITA TERKAIT

news
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA