#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Stuart Pearce : sang Motivator
17 Mei 2019 04:10 WIB
PERJALANAN Stuart Pearce salah satu bek tangguh yang pernah dimiliki timnas Inggris. Pearce yang kini berusia 57 tahun muncul ke permukaan saat menjadi bagian dari Notthingham Forest. Ya, di antara klub besar Inggris, Nottingham pernah menjadi bagian dari sejarah sepak bola negeri ini ketika meraih gelar Piala Liga dua kali beruntun pada 1988 hingga 1990.

Di antara fase tersebut, dia tampil bersama timnas Inggris. Dalam semifinal Piala Dunia 1990, Pearce satu dari dua pemain yang gagal mencetak gol dalam drama adu penalti lawan jerman Barat. Ketika itu, Pearce terlihat meninggalkan lapangan sambil menangis. Namun, Pearce memperbaikinya ketika berhasil mencetak gol Dario penalti dalam drama penalti lawan timnas Spanyol pada Piala Eropa 1996. Inggris menang, dan ekspresi Pearce saat merayakan gol penalti salah satu ikon momen perayaan paling dikenal.

Pada 2001, buku autobiografi Pearce pun muncul dengan judul Psycho. Sebagai sosok pemain, Pearce memang sangat unik. Karakternya sangat kuat. Namun, semua itu merupakan karakter yang terbentuk setelah perjalanan panjang Pearce. Bukan hanya di sepak bola melainkan dalam kehidupan lain. Pearce pernah bekerja membangun rumah. Namun, yang paling besar dari kisah hidupnya ketika bekerja sebagai teknisi listrik.


Baca Juga :
- Indra Sjafri Mantu, Berikut Doa dari Menpora
- Ali Daei Berkibar dengan Daei Sport

Pearce sangat menyukai pekerjaan ini. Dia memiliki kemampuan dalam ilmu electrical atau listrik sejak muda. Pearce menekuni pekerjaannya bahkan sebelum dirinya menjadi pemain profesional. Lebih dari 15 tahun Pearce di dunia kelistrikan. Hingga kemudian dirinya membangun perusahaan jasa listrik sendiri, dalam hal ini seperti jaringan dalam lingkup perumahan. Stuart Pearce Electrical, demikian nama perusahaannya.

Karena itu, ketika sudah pensiun dari sepak bola, Pearce pun kembali ke pekerjaan lamanya tersebut. Meski demikian, Pearce dengan pengalamannya pun kerap menjadi pembicara dalam berbagai acara baik itu dalam lingkup pekerjaannya atau pembicara dalam dunia sepak bola. Pearce diakui sebagai sosok yang inspirasional, mampu memberikan motivasi. Karena latar belakangnya dalam dunia sepak bola, sebuah peruhaan merek mobil terkenal, Fiat, bekerja sama dengan Pearce dalam mencari talenta-talenta muda.* Irfan Sudrajat
 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA