#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Agar Lolos Seksi Timnas Indonesia U-16, Ini Syarat dari Bima Sakti
17 May 2019 11:43 WIB
DEPOK – Evaluasi pertama akan dilakukan tim pelatih timnas Indonesia U-16 kepada 41 pemain seleksi. Selama empat hari menjalani proses latihan, mereka telah diberikan kesempatan untuk mempertontonkan kebolehan. Kini, pemain diminta menjaga  konsisten permainan dalam setiap tahap seleksi.

Sebab, pada akhir pekan ini, tim pelatih yang dikepalai Bima Sakti Tukiman akan memulangkan sekitar 10 pemain. Sisanya, akan berlanjut mengikuti seleksi hingga 26 Mei mendatang. Setelah itu, skuat akan kembali dikerucutkan. Adapun penilaian tahap pertama akan dilakuan Jumat (17/5) ini.

Sesuai jadwal, tim pelatih akan menggelar internal game, hari ini. Pemain akan dibagi empat tim. Internal game ini akan berlangsung malam hari, selepas salat Tarawih, sekitar pukul 21:00 WIB. Ini dilakukan karena  mayoritas pemain seleksi, 34 dari 41 pemain, menjalankan ibadah puasa.


Baca Juga :
- Pelatih Timnas di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, Malaysia Paling Nasionalis
- Daftar Pemain Timnas Vietnam untuk Menantang Thailand

Selain itu, agar pemain non muslim yang tidak berpuasa, tidak merasa diuntungkan. Sampai saat ini, Bima mengaku puas dengan perkembangan dari setiap pemain. Eks pelatih timnas senior di Piala AFF 2018 tersebut bahkan dibuat bingung dalam menentukan pemain yang akan lanjut dan dipulangkan.

“Banyak potensi bagus-bagus. Sekarang sulit bagi kami tim pelatih menentukan siapa-siapa saja yang bertahan dan lanjut ke tahap seleksi berikutnya,” kata Bima. Kualitas yang merata juga tak lepas dari program yang tengah digulirkan PSSI lewat kompetisi Elite Pro Academy (EPA) U-16, yang memasuki tahun kedua.

Karena, hanya lewat kompetisi berkualitas pemain andal akan lahir. Belum lagi pengalaman sebagian pemain yang berkompetisi dalam Liga TopSkor, sebelum direkrut tim-tim Elite Academy. Seperti diketahui, dalam seleksi kali ini ada 16 pemain jebolan Liga TopSkor, baik kategori U-13 maupun U-15.


Baca Juga :
- Kualifikasi Piala Dunia 2022, Daftar Pemain Timnas UEA untuk Lawan Malaysia
- Hadapi Persija, Persebaya Berupaya Keras Meminjam Pemainnya yang Ikut TC Timnas

“Rata-rata saya melihat, visi bermain mereka bagus. Makanya saya ingin melihat mereka dalam internal game sebelum mengambil keputusan,” Bima melanjutkan. “Itu juga berkat mereka yang ditempa dan berkompetisi di Elite Pro. Bahkan ada beberapa yang sudah bermain dari musim lalu.”

Internal game malam nanti kemungkinan besar akan digelar tertutup. Asisten pelatih Indriyanto Nugroho mengatakan, hal ini dilakukan supaya para pemain bisa fokus dan tidak terbebani dalam bermain. Ada kekhawatiran, ketika disaksikan penonton, pemain malah tampil tidak maksimal.* Furqon Al Fauzi 

BERITA TERKAIT

news
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA