#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Sukses Selenggarakan Asian Games 2018 Modal untuk Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032
18 May 2019 14:32 WIB
JAKARTA – Olimpiade 2032 masih berlangsung 13 tahun lagi. Bahkan, bidding untuk tuan rumah pun, baru diumumkan pada 2024 mendatang.

Namun, pemerintah Indonesia sudah sejak tahun lalu berusaha mempersiapkan sebagai penyelenggara edisi ke-25 pesta olahraga terbesar di dunia ini. Itu terjadi usai kesuksesan sebagai tuan rumah Asian Games 2018 yang berlangsung pada 18 Agustus hingga 2 September lalu.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menilai, ada waktu 13 tahun dari sekarang bagi Indonesia untuk bisa jadi tuan rumah yang sukses di Olimpiade 2032. Itu berkaca pada Asian Games 2018 yang menggantikan Vietnam sejak 20 September 2014.


Baca Juga :
- Trimedya Temui Menpora, Bahas SEA Games dan Rencana Pra PON
- Karen Tampil Apik di Kelas Dressage Elementary Junior IHS 2019

“Indonesia sukses menggelar Asian Games 2018 dengan persiapan yang sedikit. Kurang dari empat tahun Namun, dengan kerja keras kita semua, akhirnya mampu meraih berbagai kesuksesan sebagai tuan rumah,” kata Imam disela-sela buka puasa bersama di Wisma Kemenpora, Jumat (17/5).

Pernyataan tersebut beralasan. Indonesia sukses meraih empat kesuksesan pada edisi ke-18 pesta olahraga antarnegara Asia tersebut.

Itu meliputi  sukses prestasi, penyelenggaraan, administrasi, dan ekonomi. Bahkan, keberhasilan Asian Games 2018 jadi tolok ukur dalam setiap event internasional, termasuk untuk Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.

“Indonesia sangat serius untuk jadi tuan rumah Olimpiade 2032. Saat ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla sedang berada di Swiss. Kami berharap, setelah Asian Games 2018, Indonesia bisa menyelenggarakan Olimpiade 2032,” Imam, menambahkan.

Kalla dan rombongan pemerintah menghadiri Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2019 di Jenewa, Swiss, 15 Mei lalu. Dalam kesempatan itu, pria yang akrab disapa JK ini menyempatkan diri untuk bertemu Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach, di markasnya, Lausanne.


Baca Juga :
- Jepang Rilis Desain Medali untuk Olimpiade 2020
- Banyak Skandal, IOC Tak Libatkan AIBA dalam Olimpiade

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir yang mendampingi JK menyebut, kunjungan resmi ke IOC dan bertemu BAC ini sebagai bukti keseriusan jadi tuan rumah. Sebelumnya, pada 11 Februari lalu,  Presiden Joko Widodo sudah menyerahkan surat resmi pencalonan kepada Bach.

“Dengan waktu yang terbatas, kita mampu menyelenggarakan Asian Games 2018 dengan baik. Begitu juga jika jadi tuan rumah Olimpiade 2032. Ada banyak waktu bagi Indonesia untuk mempersiapkan yang lebih baik lagi sebagai penyelenggara,” ujar Imam, optimistis.***

loading...

BERITA TERKAIT

news
Juventini pemilik akun twitter dan instagram @roelly87
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA