#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Setelah 8 Operasi dan 600 Hari Lebih Absen, Cazorla Kembali La Roja
20 Mei 2019 06:20 WIB
MUSIM ini akan selalu diingat Santi Cazorla. Di 2018/19, ia kembali mendapatkan kesempatan sebagai pesepak bola usai menepi selama lebih 600 hari akibat cedera. Villarreal CF lah yang memberikannya kontrak, setelah percobaan di pramusim. Dan kini pasca berakhirnya kompetisi, kebangkitan ajaib Cazorla terus berlanjut.

            Karier gelandang asal Spanyol ini sempat suram lantaran cedera serius saat memperkuat Arsenal FC. Dia mengalaminya di laga lawan PFK Ludogorets di Liga Champions pada 19 Oktober 2016. Itu jadi pertandingan terakhirnya sebelum comeback musim ini, atau berhenti merumput selama 21 bulan.

            Dari satu operasi ke operasi lain dijalaninya, dengan upaya yang panjang, kerja keras dan lebih banyak air mata kesedihan. Sembilan cedera diterima dan Cazorla harus menjalani delapan operasi. Terdapat satu infeksi tulang dan sempat merasakan cangkok kulit. Hernia dan retak tumit kanan pernah dialami, tapi yang terberat adalah masalah tendon Achiles.


Baca Juga :
- Thierry Henry Alasan Aubameyang Pakai Kaus Nomor 14
- Piala Dunia Wanita 2019, Empat Tim Lolos ke 16 Besar

            “Saya sudah melihat operasi sebagai hal yang wajar. Tapi terkejut saat dokter berkata, ‘Jika anda berhasil berjalan dengan putra anda lagi di taman, bersyukur lah,” katanya beberapa waktu lalu, dan akhirnya ia memilih berganti dokter ke Mikel Sanchez, seorang spesialis di Spanyol.

            Kebangkitan ajaib pun dimulai ketika kembali ke tim masa mudanya Villarreal saat persiapan 2018/19. Ia diberi kesempatan melakukan trial, kembali main di uji coba lawan Hercules CF (mencetak satu assist) di 17 Juli 2018, dan kemudian diberi kontrak semusim. Kesempatan itu pun tak disia-siakan dan bahkan bisa sukses dimaksimalkan.

            Di usianya yang sudah tak muda lagi (34 tahun), ia bisa bermain di 3.117 menit (46 laga) pada sepanjang musim ini dan menghasilkan tujuh gol serta 11 assist. Cazorla tampil sebagai salah satu bintang yang menyelamatkan musim Villarreal. Berkat performanya itu, keajaiban pun terus berlanjut, sebab baru saja masuk daftar panggilan terkini yang dikeluarkan Luis Enrique untuk memperkuat tim nasional Spanyol.


Baca Juga :
- Romantisme Pernikahan Mkhitaryan di Perahu Venesia
- Fornals Mengaku Tidak Kesulitan Memilih West Ham

            Setelah apa yang terjadi pada fisiknya, kebahagiaan bergabung timnas saat ini bahkan melebihi kala jadi bagian keemasan Spanyol era Vincente De Bosque. “Saya tak mengharapkannya bahkan dalam mimpi terbaik saya. Saya tak pernah membayangkan, sebab saya menjalani dua tahun cedera dan sangat sulit kembali ke level tertinggi,” katanya.

            Gelandang yang punya 78 caps untuk La Roja –julukan Spanyol– ini terakhir membela negaranya pada 13 November 2015. Satu gol dicetaknya pada kemenangan 2-0 di uji coba menjamu Inggris. Kini ia dipanggil untuk persahabatan lawan Kepulauan Faroe (7/6) dan menjamu Swedia (10/6) dalam rangka kualifikasi Piala Eropa 2020.*TAUFANI RAHMANDA

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA