#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Lawan Denmark, Tiga Nomor Diprediksi Alot
21 May 2019 13:47 WIB
NANNING – Indonesia bakal kembali berhadapan dengan Denmark dalam laga kedua penyisihan Grup 1B Piala Sudirman 2019. Meski diunggulkan, Chef de Mission (CdM), Achmad Budiharto meminta Merah Putih tak boleh lengah demi amankan predikat juara grup di Guangxi Sports Center, Nanning, Cina, Rabu (22/5).

Denmark memiliki kekuatan yang dapat menyulitkan, khususnya tunggal putra karena memiliki Viktor Axelsen dan Anders Antonsen. Secara peringkat, Axelsen yang ada di posisi ketiga dunia, lebih baik dari dua tunggal Indonesia: Anthony Sinisuka Ginting (peringkat 7) dan Jonatan Christie (8).

“Ada tiga kekuatan Denmark yang tidak bisa diremehkan. Pertama, mereka punya tunggal putra yang bisa diandalkan. Kemudian, ganda putra, walaupun pasangan utama sudah tidak ada tapi pelapisnya bukan pasangan yang gampang dikalahkan. Ketiga, ganda campuran,” kata Budiharto.


Baca Juga :
- Bulu Tangkis Sudah Lampaui Target di SEA Games 2019
- Daftar Unggulan Bulu Tangkis Denmark Open 2019

Hingga berita ini diturunkan, Pengurus Besar Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) belum merilis daftar nama untuk menghadapi Denmark. Namun, bila merujuk statistik tunggal putra, Anthony bisa jadi pilihan terbaik karena memenangi dua dari tiga pertemuan melawan Axelsen.

Sedangkan untuk Jojo, sapaan akrab Jonatan Christie, baru meraih satu kemenangan dari empat laga versus Axelsen. “Siapa yang diturunkan akan diumumkan malam sebelum pertandingan. Jika diturunkan, kemungkinan lawan Axelsen. Tidak akan mudah tapi saya siap,” kata Anthony.

Pada pertandingan pertama melawan Inggris, Minggu (19/5), Anthony memang jadi penentu kemenangan Indonesia. Turun pada partai ketiga, ia mengalahkan tunggal Toby Penty dengan dua gim langsung, 21-9, 21-12. Secara umum, Indonesia menang 4-1 atas Negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Indonesia juga patut mewaspadai ganda putra Denmark karena keberadaan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen yang kini menempati peringkat kedelapan dunia. Sedangkan Indonesia, ada Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Belum diketahui siapa yang bakal turun untuk menghadapi Denmark. Adapun pada pertandingan pertama, Kevin/Marcus yang dipercaya mewakili Indonesia.

Sedangkan untuk ganda campuran, meski tak lagi diperkuat Christinna Pedersen, Denmark memiliki Mathias Christiansen yang mungkin dikombinasikan dengan pemain muda. Selain itu ada Niclas Nohr/Sara Thygesen yang pernah mengalahkan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Putri Meningkat

Selain tiga sektor di atas, penampilan tunggal putri Denmark juga mulai meningkat. Mia Blichfeldt menundukkan Gregoria Mariska Tunjung dalam pertemuan terakhir di Singapura Terbuka, April lalu, 16-21, 20-22. Selain itu, Denmark juga diperkuat oleh Line Kjaersfeldt.


Baca Juga :
- 6 Manfaat Bulu Tangkis untuk Kesehatan Mental
- Daftar Nama Pemain Bulu Tangkis Indonesia di SEA Games 2019

Budiharto berharap, Gregoria dan Fitriani yang jadi andalan Indonesia bisa tampil maksimal dan membuat kejutan di Piala Sudirman 2019. “Jika melihat pengalaman sebelumnya di Piala Uber dan Badminton Asia Team Championships, tunggal putri bisa tampil luar biasa,” katanya.

Sebelumnya, PBSI berharap semua sektor bisa menyumbangkan poin dalam kejuaraan supremasi beregu tersebut. “Waktu itu, Gregoria maupun Fitri bisa membuat pemain Cina dan Jepang kewalahan. Situasi ini patut kita jadikan sebagai advantage (keuntungan),” kata Budiharto.*MUHAMMAD RAMDAN

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA