#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Seleksi Timnas U-16 Gunakan Rumus I+G+T
21 Mei 2019 12:33 WIB
JAKARTA - Timnas Indonesia U-16 melanjutkan proses seleksi di National Youth Training Center (NYTC), Bojongsari, Depok, Senin (20/5). Sebelumnya pada Minggu (19/5) lalu tim Garuda Muda diberi libur satu hari.

Pelatih timnas U-16 Bima Sakti mengatakan, usai menggelar internal gim pada Jumat lalu, kekompakan antarpemain semakin terjalin. Meskipun, Bima melihat ketahanan fisik dan stamina para pemain masih perlu peningkatan.

Berlatih sore hari di bulan puasa memang jadi kendala tersendiri. Untuk itu tim pelatih juga memang tidak memberikan porsi latihan fisik yang memberatkan pemain kendati ada rencana untuk meningkatkan intensitas latihan.


Baca Juga :
- Bima Sakti Minta Jatah Uji Coba Internasional Buat Timnas U-16
- Resmi Jadi Pelatih Kiper Timnas U-16, Markus Horison Ingin Kiper Bisa Menjadi Libero

“Fisik pemain harus lebih ditingkatkan lagi. Saya sudah katakan kepada pelatih fisik untuk meningkatkan intensitas latihan, namun tetap menyesuaikan keadaan, karena ini bulan Ramadan,” kata Bima.

Sementara itu, tim pelatih segera mengumumkan siapa saja pemain yang dipulangkan. Sebelumnya rencana pencoretan akan diumumkan pada Minggu. Namun tim pelatih masih perlu menimbang secara matang dan seksama karena mayoritas pemain memiliki kualitas dan kemampuan yang tak berbeda jauh.

Sebanyak kurang lebih 10 pemain dari total 41 akan dipulangkan pada tahap pertama. Selanjutnya pengerucutan pemain akan kembali dilakukan usai timnas U-16 beruji coba pada Sabtu (25/5) mendatang. Rencananya uji coba akan digelar di GOR Pajajaran. Untuk lawan bakal diumumkan segera oleh PSSI.

“Banyak pertimbangannya dalam mengerucutkan pemain, karena kami mencari yang terbaik dari yang terbaik. Kami tidak mau nantinya salah pilih,” asisten pelatih timnas U-16 Indriyanto Nugroho menambahkan.

Dalam menyeleksi pemain, tim pelatih punya rumus IGT (Individual, Grup, Tim). Maksudnya, pemain tersebut harus memiliki individual yang mumpuni, kompak di dalam grup baik di luar dan dalam lapangan, serta mampu bermain secara tim.


Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Seleksi Lanjutan Timnas U-16 Indonesia
- Piala AFF Futsal Klub 2019: Black Steel Jalani Laga Hidup-Mati Hari Ini

“Karena kami juga harus menilai ke depan, tidak hanya melihat kualitas individu, tapi juga attitude, teknik, skill, dan mental. Baru nanti penilaian lebih detail mengenai pemahaman mereka terkait Filosofi Sepak Bola Indonesia,” kata Indriyanto.* Furqon Al Fauzi

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA