#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Bosan di PSG, Mbappe Cari Tantangan Baru, Real Madrid Sudah Melirik
21 May 2019 14:01 WIB
PARIS - Kylian Mbappe baru dua tahun berseragam Paris Saint Germain (PSG). Tapi, winger 20 tahun itu sudah melemparkan sinyal soal keinginannya mencari tantangan baru yang lebih besar. Ini tergambar dari pernyataan yang dilontarkan bintang tim nasional Prancis itu saat menerima gelar Pemain Terbaik dan Pemain Muda Terbaik Ligue 1 2018/19 versi Asosiasi Pesepakbola Profesional Prancis (UNFP), Minggu (19/5).

Nama Mbappe mulai berkibar pada 2016/17 saat membantu AS Monaco merebut gelar Ligue 1 dan menembus semifinal Liga Champions. Performa impresifnya bersama Les Rouges et Blancs pula yang mengantarkannya ke PSG pada musim panas 2017.

Saat itu dia didatangkan sebagai pinjaman sebelum dibeli setahun kemudian dengan nilai transfer 180 juta euro. Angka itu menjadikan Mbappe pemain termahal kedua di dunia setelah sesama bintang PSG, Neymar Junior (222 juta euro).


Baca Juga :
- Banding Ditolak, Benzema Hadapi Sidang Perdana Kasus Pemerasan Sextape
- Haaland Sangat Mungkin Samai Torehan Ronaldo

Keputusan PSG membayar mahal buat Mbappe tidak keliru. Pasalnya, pemain kelahiran Paris ini semakin bersinar dan menjelma menjadi salah satu pemain terbaik di dunia. Dalam dua musim kiprahnya, Mbappe membantu Les Parisiens meraih dua gelar Ligue 1, satu Piala Prancis, dan satu Piala Liga Prancis. Dia juga jadi bintang dalam sukses timnas Prancis merebut Piala Dunia 2018.

Tapi, tersingkirnya PSG di 16 besar Liga Champions dalam dua musim terakhir membuat Mbappe mempertimbangkan kembali soal komitmennya bertahan di Parc Des Princes. “Ini momen sangat penting buat saya. Kini, saya telah tiba pada titik balik dalam karier saya,” katanya. “Saya telah menemukan banyak hal di sini dan saya merasa mungkin ini saatnya untuk memikul tanggung jawab lebih besar. Saya berharap bisa tetap di PSG atau mungkin di tempat lain dengan sebuah proyek baru.”

Pernyataan Mbappe dipastikan membuat sejumlah klub top Eropa mengambil ancang-ancang untuk menggaetnya. Terutama Real Madrid yang sudah lama menginginkan tanda tangan pemain itu. Tapi, pelatih PSG, Thomas Tuchel, pernah menyatakan keyakinannya Mbappe bakal bertahan.

“Sang presiden (Nasser Al-Khelaifi) selalu mengatakan hal yang sama: Tak ada peluang bagi klub lain membeli Mbappe musim panas ini,” ujar Tuchel. “Saya selalu yakin dia akan selalu jadi pemain kami. Ini penting untuk meraih semua target kami. Untuk menang, kami butuh pemain seperti Mbappe.”

Mbappe mendapatkan gelar Pemain Terbaik Ligue 1 untuk kali pertama lantaran performanya yang eksplosif musim ini. Dia membukukan 32 gol dalam hanya 28 pertandingan di kompetisi elite Prancis itu.

Mbappe jadi pemain Prancis pertama yang tembus 32 gol dalam semusim di Ligue 1 setelah Philippe Gondet yang mencetak 36 gol bersama FC Nantes pada 1965/66. Berkat performa itu pula dia meraih gelar Pemain Muda Terbaik Ligue 1 untuk musim ketiga beruntun.

“Ini benar-benar menyenangkan. Ini satu-satunya trofi yang belum pernah saya raih sebelumnya,” kata Mbappe. “Ini musim keempat saya di Ligue 1. Pertama bersama Monaco di mana saya tumbuh dan kami jadi juara. Kemudian, ada proyek yang sama sekali berbeda di PSG dan saya berhasil beradaptasi di dalamnya.”

Dengan koleksi 32 gol, Mbappe jadi ancaman terbesar bagi bintang FC Barcelona, Lionel Messi, dalam perebutan Sepatu Emas Eropa musim ini. Tapi, pemain berdarah Kamerun ini harus bisa mencetak minimal empat gol dalam laga terakhir PSG lawan Stade Reims, Jumat (24/5), untuk bisa menyamai posisi La Pulga di puncak klasemen.

“Ya, saya mengincar Sepatu Emas musim ini,” ucap Mbappe. “Petang ini (Minggu), saya menyempatkan bangun dari tidur siang untuk menonton pertandingan Messi (lawan SD Eibar di La Liga). Setelah dia mencetak dua gol, saya kembali tidur. Saya masih punya waktu 90 menit. Saya tidak punya beban!”*RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

 

Pemain Terbaik Ligue 1 10 Musim Terakhir

Musim             Pemenang                  Posisi              Negara            Klub

2009/10         Lisandro Lopez         Striker            Argentina       Lyon

2010/11         Eden Hazard              Gelandang      Belgia              Lille

2011/12         Eden Hazard               Gelandang      Belgia              Lille

2012/13         Zlatan Ibrahimovic    Striker            Swedia            PSG

2013/14         Zlatan Ibrahimovic    Striker            Swedia            PSG

2014/15         Alexandre Lacazette             Striker            Prancis           Lyon

2015/16         Zlatan Ibrahimovic    Striker            Swedia            PSG

2016/17         Edinson Cavani          Striker            Uruguay         PSG


Baca Juga :
- Neymar, Dikagumi sekaligus Dibenci
- Update Hasil dan Klasemen La Liga Spanyol, Minggu Dini Hari WIB

2017/18         Neymar Junior           Winger            Brasil              PSG

2018/19         Kylian Mbappé          Winger            Prancis           PSG

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA