#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Renault Tak Mau Pusing Regulasi F1 2021
22 May 2019 13:49 WIB
ENSTONE – Eksekutif Direktur Renault Marcin Budkowski mulai khawatir dengan regulasi Formula 1 (F1) 2021. Akan berbahaya bagi olahraga itu jika setiap tim mulai menyiapkan mobil masing-masing. Ia pun menginstruksikan tim untuk tidak terburu-buru dalam mendesain mobil sebelum regulasi baru diresmikan.

Misalnya, 2009, di mana F1 mengalami perubahan regulasi besar-besaran. Salah satu konstruktor, Brawn GP, mencuri start dengan mendesain mobil berdasarkan regulasi terbaru. Untungnya, desain mereka cocok dan unggul satu langkah dari lawan hingga dengan mudah memenangkan kejuaraan.

Jelang perubahan besar yang kembali dilakukan pada F1 2021, beberapa tim mulai coba mendesain mobil. Namun, Budkowski tak ingin Renault mengikuti jejak tersebut karena sangat mungkin ada revisi. Pasalnya, masih ada banyak hal yang perlu didiskusikan sebelum regulasi benar-benar disahkan.


Baca Juga :
- Daniel Ricciardo Merasa Tidak Balapan di GP Belgia
- Hasil Lengkap Formula 1 GP Belgia: Charles Leclerc Akhirnya Catatkan Kemenangan Perdana

“Saya ragu karena sepertinya regulasi masih akan diseimbangkan, 2020. Jadi, apa pun yang Anda lakukan, saat ini, mungkin hanya akan memberi dampak di 2020. Tapi, saya merasa sekarang masih terlalu berbahaya. Bagaimanapun, F1 masih melakukan penyeimbangan regulasi,” kara Budkowski via Motorsport.com.

Budkowski tidak menyangkal, ada usaha dari tim untuk memudahkan jalan ketika regulasi 2021 benar-benar diresmikan. Namun, ia menegaskan, saat ini, Renault hanya fokus pada pengembangan mobil 2019 dan 2020. Menurutnya, basis yang kuat akan memberi Renault kekuatan lebih dalam menyambut F1 2021.


Baca Juga :
- Line Up Sementara Pembalap Formula 1 Musim 2020: 11 Pembalap Belum Pastikan Bertahan
- Nyaris Juara F1 2019, Hamilton Sebut W10 Butuh Peningkatan

Penyeimbangan sumber daya, 2021, juga akan diperumit dengan pembatasan anggaran yang datang bersamaan dengan perombakan regulasi. Yang mana itu bisa berdampak pada infrastruktur tim. Budkowski mengatakan, sampai ada kejelasan yang boleh dan tidak, akan sulit membuat rencana masa depan.

Tapi, CEO Liberty Media Greg Maffei, selaku pemegang hak komersial F1 menyebut pembatasan anggaran akan mencapai kesepakatan, akhir tahun ini. Namun, Budkowski  mengklaim, tak akan jauh berbeda dengan saat ini. “Tingkat dan perimeter masih dibahas  dan saat ini cukup tinggi,” katanya.*MUHAMAD FADLI RAMADAN

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA