#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
PB Percasi Selenggarakan Ramadhan Cup 2019
23 May 2019 16:05 WIB
JAKARTA – Catur merupakan olahraga yang merakyat. Bisa dimainkan kapan pun dan di mana saja.

Termasuk, pada saat puasa. Bahkan, justru mengasyikkan sambil ngabuburit –menunggu waktu berbuka– dengan memainkan bidak.

Demikian diungkapkan Ketua Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) Utut Adianto. Sosok yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPR ini membuka turnamen catur Ramadhan Cup 2019 yang berlangsung di Wisma Kemenpora pada 23 hingga 24 Mei mendatang.


Baca Juga :
- Menaker Hanif Dhakiri Ditunjuk Sebagai Plt Menpora
- Menpora Imam Nahrawi Mundur, Acara Pamitan Sudah Digelar

“Alhamdulillah, turnamen ini sangat diminati masyarakat. Apalagi, catur ini kan olahraga yang merakyat. Bisa dimainkan kapan pun dan di mana saja,” kata Utut dalam sambutannya, Rabu (23/5) yang didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

“Saya bangga dengan antusiasme peserta. Turnamen ini bukan sekadar asah permainan saja. Melainkan juga ajang silaturahmi. Apalagi, digelar pada Ramadan. Main catur sekaligus ngabuburit.”

Ramadhan Cup 2019 ini merupakan edisi ke-10 yang diselenggarakan PB Percasi. Tujuannya, untuk lebih memasyarakatkan catur sebagai olahraga yang bisa dimainkan berbagai kalangan.

Mulai dari anak-anak hingga dewasa. Untuk tahun ini, yang digunakan sistem catur kilat dan bukan klasik seperti biasa.

“Ini kan untuk menyambut SEA Games 2019 yang menggunakan catur kilat. Bukan lagi klasik seperti biasa. Setelah Idul Fitri ini, kami akan menyelenggaran pelatnas (pelatihan nasional) menuju SEA Games 2019. Semoga bisa meraih hasil terbaik di Filipina,” Utut, menambahkan.

Catur merupakan cabang olahraga (cabor) yang kerap menyumbang medali bagi Indonesia pada pesta olahraga antarnegara Asia Tenggara ini. Merah-Putih sukses meraih lima medali emas pada SEA Games 2013 di Myanmar.

Dalam dua edisi terakhir (2015 dan 2017) memang catur absen. Namun, untuk SEA Games 2019, catur kembali dipertandingkan.


Baca Juga :
- KPK Tetapkan Menpora Imam Nahrawi Sebagai Tersangka
- Kemenpora dan PB FORKI Diminta Tidak Berpihak Soal Sengketa Lemkari

“Kita kan tahu, catur jadi salah satu cabor yang diminati masyarakat Indonesia. Sebab, di catur, ada sportivitas yang bisa diterapkan sehari-hari,” Imam, menambahkan.

“Kami, dari pemerintah sangat mendukung berbagai event yang diselenggarakan PB Percasi. Bahkan, ke depannya saya akan meminta Ibu Yuni (Purwanti/ Plt Deputi IV Kemenpora) untuk menyelenggarakan Liga Catur.”***

loading...

BERITA TERKAIT

news
Juventini pemilik akun twitter dan instagram @roelly87
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA