#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
INFOGRAFIS: Sepatu Emas Bisa Buat Mbappe
24 Mei 2019 12:01 WIB
BARCELONA – Golden Shoe atau Trofi Sepatu Emas, lambang supremasi para mesin gol di liga Eropa. Tidak banyak pemain yang mampu meraihnya. Hanya pemain “berkaki emas”, pemain spesial, dan karena itu pula trofi dengan bentuk sepatu berwarna emas ini pun menjadi sangat spesial. Bagi Kylian Mbappe, meraih trofi ini menjadi sangat penting, momentum penegasan dirinya sebagai pemain muda yang dapat menyaingi sang alien sepak bola: Lionel Messi.

Tidak mudah menyaingi Messi. Bahkan sangat sulit untuk mengalahkan pencapaian legenda hidup sepak bola Barcelona tersebut. “Anda dapat menyebut satu kategori atau setiap kategori dalam sepak bola dan Messi selalu menjadi pemenangnya,” kata Mbappe, tersenyum. Namun, Golden Shoe 2018/19 memberikan kesempatan bagi penyerang Paris Saint Germain (PSG) tersebut untuk mengalahkan La Pulga—julukan Messi. Dan, Mbappe belum mau menyerah untuk melewatkan peluang yang langka ini.

Dalam klasemen sementara Sepatu Emas 2018/19, Messi masih memimpin dengan 36 gol (72 poin) yang dicetaknya di La Liga musim ini. Sedangkan Mbappe di bawahnya dengan menorehkan 32 gol (64 poin) di Ligue 1. Karena itu, Mbappe memiliki peluang untuk meraih trofi Sepatu Emas tersebut karena kompetisi La Liga sudah berakhir sedangkan Ligue 1 masih menyisakan satu laga lagi.


Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Prancis Makin Percaya Diri
- INFOGRAFIS: Keyakinan Virgil Van Dijk

Meski demikian, untuk meraihnya, dia harus menorehkan empat gol lagi saat PSG tandang lawan Reims, Jumat (24/5) atau Sabtu dini hari WIB nanti. Jika mampu mewujudkannya, trofi tersebut akan menjadi milik Mbappe dan Messi. Bahkan, Mbappe bisa menjadi satu-satunya peraih trofi tersebut musim ini, tentu dengan mencetak lebih dari empat gol.

“Saya masih punya 90 menit lagi dan saya dalam kondisi yang siap dan tidak terbebani,” kata Mbappe. Fokus Mbappe kini memang mencoba meraih Sepatu Emas karena di laga ini tidak lagi menentukan bagi PSG yang sudah memastikan gelar Ligue 1 2018/19. Bintang timnas Prancis ini mengakui bahwa dirinya terobsesi dengan gelar tersebut. Bahkan dia menyaksikan laga pekan terakhir La Liga saat Barcelona menghadapi Eibar, pekan lalu, di mana Messi menambah jumlah golnya menjadi 36 gol dalam hasil imbang 2-2.

“Ya, saya masih berharap memenangkan sepatu emas tahun ini. Ketika Barca tampil lawan Eibar, saya sampai tidak tidur untuk menyaksikan laga tersebut. Namun, ketika Messi akhirnya mencetak dua gol, saya kembali ke tempat tidur saya!” kata pemain 20 tahun tersebut. Karena itulah, dia berharap bisa menorehkan lima gol saat lawan Reims hari ini.

Pada musim ini, Mbappe pernah menorehkan empat gol dalam satu pertandingan. Tepatnya ketika menggulung Lyon, 5-0, pada Oktober lalu. Bukan tidak mungkin pula, rekan-rekannya di PSG akan membantu mantan pemain Monaco ini untuk mewujudkan target tersebut. Apalagi, dalam laga di Stadion Stade De Reims, walau tanpa kehadiran Neymar yang terkena sanksi kartu, PSG dapat Angel Di Maria dan Edinson Cavani dalam pola 4-3-3 yang diterapkan pelatih Thomas Tuchel.

Di Maria salah satu pemberi assist terbanyak di Ligue 1 musim ini dengan 11 assist. Mbappe juga bisa berharap kepada bek kanan Dani Alves yang telah memberikan tujuh assist, kedua terbanyak di klub asal Paris tersebut.


Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Siapa Paling Berpeluang di NBA Award?
- INFOGRAFIS: Skema Argentina Makin Jelas

Trofi Keenam
Mampukah Mbappe mengalahkan Messi? Jika tidak, Messi akan menambah koleksi gelar Golden Shoe menjadi enam kali setelah meraihnya pada 2009/10, 2011/12, 2012/13, 2016/17, dan pada musim lalu 2017/18. Ya, Messi telah meraih gelar ini dua kali beruntun pada dua musim terakhir. Dengan demikian pula, Sepatu Emas akan kembali jatuh ke liga sepak bola Spanyol. Dalam 10 tahun terakhir, Spanyol memang mendominasi penghargaan ini. Fakta tersebut tidak terlepas dari kehadiran Messi serta tentu saat Cristiano Ronaldo masih bermain di Real Madrid.

Sejak 2008/09 ketika Diego Forlan (Atletico Madrid) meraih trofi ini dengan 32 gol di La Liga, Sepatu Emas selalu kembali ke Spanyol. Hanya pada 2013/14, trofi ini diberikan kepada Luis Suarez (Liverpool) tapi juga kepada CR7 yang masing-masing menorehkan 31 gol.*Irfan Sudrajat

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA