#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Sepatu Emas dalam Usia 20 Tahun
24 May 2019 04:05 WIB
RAPOR atau rekor yang luar biasa, tapi pencapaian yang normal bagi Lionel Messi, Musim ini, melihat produktivitas Messi bukan hanya dari golnya di La Liga melainkan juga dalam ajang lainnya. La Pulga telah menorehkan 36 gol di La Liga, 12 gol di Liga Champions, dan dua gol di Piala Raja. Dengan demikian, penyerang timnas Argentina ini telah menorehkan total 50 gol sepanjang musim ini dalam semua ajang. Faktanya, jumlah itu hanyalah terbaik keenam dari sederetan pencapaian Messi per musim.

Messi menorehkan 53 gol pada 2010/11, 54 gol dalam 2016/17, 58 gol di 2014/15, 60 gol total pada 2012/13, dan yang paling brutal adalah musim 2011/12 saat intang Barcleona ini mencetak 73 gol! Itu merupakan pencapaian terbaik Messi dalam jumlah gol yang dia ciptakan. Pada 2011/12 itu pula, dari 73 gol tersebut, 50 gol di antaranya diciptakan di La Liga. Dan, jumlah gol tersebut membuatnya meraih gelar Sepatu Emas alias Golden Shoe.

Total, Messi telah meraih gelar Sepatu Emas ini lima kali. Di sisi lain, predikatnya pun merupakan pemain termuda yang pernah meraih gelar ini, ketika dia meraih trofi Golden Shoe yang kedua pada usia 24 tahun. Karena itu, dari sisi usia pula, Kylian Mbappe dapat mematahkan rekor tersebut jika mampu meraih Golden Shoe 2018/19. Penyerang Paris Saint Germain (PSG) ini bisa mewujudkannya dengan menorehkan empat gol saat tandang lawan Reims, Jumat (24/5) ini atau Sabtu dini hari WIB.


Baca Juga :
- Menguji Kekuatan The Gunners
- Analisis Dua Pekan Pertama

Jelas, ini peluang bagi Mbappe untuk tampil lebih besar dibandingkan dengan Messi dalam sepak bola Eropa. Usia Mbappe saat ini masih 20 tahun dan dengan demikian dia berpeluang menjadi pemain termuda dalam sejarah Sepatu Emas. Meski demikian, tentu ini menjadi tantangan yang tidak mudah. Kecuali, Mbappe mendapatkan bantuan dari rekan setimnya untuk mengoleksi empat gol dalam pertandingan terakhir Ligue 1 tersebut.
Sebaliknya, jika gagal, Messi akan mendapatkan trofi Golden Shoe keenam dalam kariernya. Itu merupakan rekor. Trofi Sepatu Emas bisa menjadi pencapaian istimewa untuk Messi meningingat pada musim ini, Barcelona hanya meraih gelar La Liga. Sabtu nanti, Messi dapat menambah trofinya dengan membawa Los Azulgrana meraih gelar Piala Raja, dalam laga final di Stadion Benito Villamarin, lawan Valencia. Ini akan menjadi trofi Piala Raja keenam dalam kariernya sebagai pemain Barcelona.

Jadi, pekan ini merupakan pekan yang penting bagi Messi dan Mbappe. Keduanya memiliki misi yang berbeda namun dengan nilai yang sama. Final Piala Raja memang tidak ada kaitannya lagi untuk trofi Sepatu Emas. Tapi, gelar ini akan melengkapi musim Barcelona yang memang tidak lengkap. Seperti diketahui, ambisi klub asal Katalunya ini untuk meraih gelar Liga Champions justru gagal. Karena itu, jika Messi mendengar Mbappe tidak dapat menorehkan empat gol sedangkan dia berhasil membawa Barca juara Piala Raja, Messi bakal mendapatkan dua gelar di pengujung musim ini.*Irfan Sudrajat

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA