#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
INFOGRAFIS: Sebastian Vettel Ingin Ferrari Cepat Adaptasi
24 May 2019 14:46 WIB
MONTE KARLO – Pembalap Scuderia Ferrari Mission Winnow Sebastian Vettel optimistis tampil kuat pada putaran keenam Formula 1 (F1) 2019 di Sirkuit Monte Karlo, Monako, Minggu (26/5). Meski masih bermasalah dengan ban, khususnya belakang, ia yakin SF90 bisa melaju cepat.

Saat tes di Sirkuit Barcelona, Katalunya, pekan lalu, Vettel menyebut pengembangan ban tak terlalu baik. Tim juga bekerja di area yang masih kurang hingga membuatnya kesulitan pada lomba sebelumnya. Tapi, ia tak bisa mengatakan secara pasti di mana posisinya pada Grand Prix (GP) Monako.

“Sulit membuat prediksi karena tempat ini berbeda dan unik. Anda bisa berasumsi bahwa tikungan di sini cocok dengan kami dalam beberapa balapan terakhir. Saya pun pikir sejarah memberi optimisme dan saya tak sabar untuk segera kembali ke trek,” kata Vettel seperti dilansir Crash.net.


Baca Juga :
- Hasil Lengkap Kualifikasi Formula 1 GP Singapura
- Verstappen Siap Salip Mercedes dan Ferrari

Ferrari seperti kesulitan menemukan setelan ban yang tepat. Namun, Vettel menuturkan jika itu bukan satu-satunya faktor yang membuat mereka kalah dari Mercedes AMG Petronas. Tim harus kembali melihat desain dasar SF90 agar dapat meningkatkan setiap area agar bisa tampil kuat.

“Ban tahun ini berbeda dan sepertinya hanya kami yang kesulitan. Memang benar ban sangat sensitif dan sulit dipahami. Tapi, ada hal lain. Fakta bahwa mobil belum cukup cepat, harus benar-benar kami pelajari lagi. Bisa juga karena kami tak menerapkan setelan ban yang tepat,” ujar Vettel.

Saat ini, Ferrari dalam tahap transisi, di mana beberapa posisi penting diganti oleh orang-orang baru. Prinsipal Ferrari Mattia Binotto membenarkan, mereka dalam tahap pembelajaran. Namun, Vettel ingin proses tersebut berjalan lebih cepat agar performanya kembali seperti sebelumnya.

“Apa yang kami rasakan soal ban saat berada di mobil, terkadang lebih baik dan bisa sangat  buruk. Ada banyak kekuatan teknik dan sains untuk coba mengatasi semua skenario ini. Tetapi, kemungkinan ada orang yang memahami sedikit lebih banyak daripada yang kami lakukan saat ini,” kata Vettel.

Charles Leclerc mengaku tak sabar berlomba di GP Monako yang merupakan laga kandang, sekaligus impian yang menjadi nyata. Bisa berseragam Ferrari dan berlaga di Sirkuit Monte Karlo, segera diwujudkan rekan setim Vettel tersebut. Ia pun bertekad memberikan yang terbaik dan finis di podium.

“Lomba di rumah sendiri akan selalu spesial. Tapi, kali ini, lebih spesial karena saya bersama Ferrari. Kami juga berpeluang mendapat hasil positif, jadi akan menekan. Awal musim ini kurang baik dan kami akan coba membalikkan keadaan. Itu tak mudah tapi kami akan berusaha,” kata Leclerc.


Baca Juga :
- 5 Momen Tak Terlupakan dari Grand Prix Singapura
- Cerita Kocak Leclerc Usai Juarai GP Italia

Saat tes, Leclerc menemukan sesuatu yang dapat meningkatkan SF90. “Ada beberapa hal yang kami pahami. Tapi, tak cukup untuk mencapai level Mercedes. Saya pikir kami akan lebih kuat. Kami hanya perlu bekerja dan terus mencoba memahami masalah utama agar teknisi bisa bekerja,” ujarnya.

Binotto mengatakan, timnya sedang coba mendesain ulang SF90 agar lebih baik dengan regulasi 2019. “Ban tahun ini cukup berbeda dengan 2018. Perlu setelan mekanis dan aerodinamika berbeda untuk membuatnya bekerja dengan baik. Kami juga mengevaluasi konsep baru,” katanya.*MUHAMAD FADLI RAMADAN

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA