#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
3 Keuntungan Bila Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20
24 Mei 2019 10:32 WIB
JAKARTA - FIFA menginformasikan bila sudah menerima surat ketertarikan Indonesia melalui PSSI untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Sekarang FIFA menunggu kelengkapan proposal dan lain-lain untuk meresmikan bidding tuan rumah sampai 30 Agustus 2019.

Indonesia akan bersaing dengan banyak negara. Dari Asia ada tiga negara di kawasan Arab yang tertarik menjadi tuan rumah bersama. Belum lagi Myanmar dan Thailand yang akan berkongsi.

Brasil dan Peru juga menaruh minat. Tapi mereka akan jalan sendiri-sendiri. Rilis dari FIFA ini menyusul ditutupnya masa ketertarikan negara anggota untuk ikut bidding tuan rumah pada 21 Mei 2019 kemarin. Saat ini Piala Dunia U-20 juga sedang berlangsung di Polandia.


Baca Juga :
- Taklukkan Korea Selatan, Ukraina Juara Piala Dunia U-20 2019
- Indonesia Pesta 6 Gol ke Gawang Vanuatu

Terlepas dari proses yang masih berjalan, apa saja keuntungan yang bisa didapat jika Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021? 

TopSkor.id menghadirkan setidaknya tiga keuntungan yang bisa didapat Indonesia. Berikut ulasannya:

INDONESIA akan lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia U-20 2021. Terakhir Indonesia lolos ke kejuaraan dua tahunan ini pada 1979 di Jepang, ketika menggantikan Irak yang ogah bermain karena faktor sponsor. Saat itu Indonesi rontok di penyisihan grup, kalah telak dari Argentina, Polandia, dan Yugoslavia.

===

STADION-stadion terbaik di Indonesia bisa makin dikenal di dunia. Sebut saja Stadion Utama GBK Senayan, Stadion Pakansari, Stadion Patriot. Masih ada lagi di luar ibukota seperti Stadion GBLA, Stadion Manahan, dan bahkan Stadion Papua Bangkit. Stadion-stadion dengan kapasitas lebih kecil, bisa difungsikan pula sebagai tempat latihan. Dengan negara peserta sebanyak 24, putaran final Piala Dunia U-20 biasanya membutuhkan 6 stadion.


Baca Juga :
- Mendominasi, Babak Pertama Indonesia Unggul Atas Vanuatu
- Jadwal Final Piala Dunia U-20 2019, Ukraina Vs Korea Selatan

===

SEMUA ajang internasional selalu menghadirkan keuntungan dari segi ekonomi. Sponsor, hak siar televisi, wisatawan (penonton), dan lain-lain pasti mendatangkan pemasukan buat negara. Tidak terkecuali Piala Dunia U-20. Memang, Piala Dunia U-20 bukan Piala Dunia dan digelar tiap dua tahun sekali. Tapi label Piala Dunia U-20 selalu membuat negara lain sejenak mengarahkan perhatian kepada tuan rumah ajang ini.*Ari DP

BERITA TERKAIT

Penulis
news
Penggemar semua cabang olahraga. Asli Yogyakarta, KTP Sleman, tinggal di Jakarta.
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA