#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
INFOGRAFIS: Perjuangan Indonesia di Piala Sudirman
25 Mei 2019 10:17 WIB
NANNING – Jalan terjal harus dilalui Indonesia dalam perjalanan meraih gelar Piala Sudirman 2019. Pada semifinal yang digelar di Guangxi Sports Center Gymnasium, Nanning, Cina, Sabtu (25/5), Merah Putih bakal bertemu dengan unggulan kedua, Jepang.

Sejak melakoni debut dalam Piala Sudirman 1989, Indonesia dan Jepang pernah dua kali berhadapan. Merah Putih sukses menyapu bersih, masing-masing pada penyisihan grup edisi 2009, di mana Indonesia menang 4-1. Kemudian, perempat final, 2011, dengan skor 3-2.

Namun, dari sisi komposisi pemain, Negeri Matahari Terbit jauh berbeda dengan pertemuan sebelumnya. Tahun ini, mereka hadir dengan amunisi lebih kuat dan merata. Bahkan, di semua sektor yang dipertandingkan, wakil Jepang ada yang menempati tiga besar dunia.


Baca Juga :
- Piala Asia Futsal U-20 2019, Pertahanan Timnas Futsal Indonesia U-20 Rawan
- TVN: CEO PSIM Bambang Susanto dan Indra Sjafri Berkeliling ke Mandala Krida

Misalnya tunggal putra dan ganda putri. Jepang diperkuat pemain nomor satu dunia, Kento Momota dan Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara. Sedangkan tunggal putri dan ganda putra, ada pemain peringkat dua, Nozomi Okuhara dan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Untuk ganda campuran, mereka memiliki Yuta Watanabe/Arisa Higashino yang kini ada di posisi ketiga dunia. Dengan kata lain, semua sektor kecuali ganda putra, Jepang lebih unggul. Susy Susanti selaku manajer tim Indonesia mengatakan, hal itu tak menutup peluang Indonesia.

Susy menuturkan, apa pun bisa terjadi di lapangan. Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI itu memberi contoh ketika Jepang menghadapi Rusia pada penyisihan Grup 1D. Sebelum menang, Jepang tertinggal 1-2 usai kecolongan di tunggal dan ganda putra.

“Jika kita kupas satu-satu, ganda putra memang ramai. Sedangkan ganda putri, kami  banyak kalah. Tapi, di pertandingan ini, kami belum tahu. Greysia (Polii)/Apriyani (Rahayu) juga lagi naik, tak terkalahkan sejak awal. Semoga makin percaya diri dan tambah berani,” kata Susy.

Susy pun tak henti-hentinya memberi semangat kepada tim untuk terus berjuang hingga pertandingan benar-benar berakhir. “Semua pemain harus berani. Tak usah melihat head to head atau yang lain. Semua pemain harus semangat dan berjuang di lapangan,” katanya.

Indonesia ke semifinal setelah mengalahkan Taiwan, 3-2, Jumat (24/5). Semua sektor ganda, sukses sumbang poin. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti jadi penentu kemenangan Indonesia atas Taiwan dengan mengalahkan Wang Chi-Lin/Hsieh Pei Shan, 21-17, 21-15.

Sementara dua poin sebelumnya diraih ganda putra, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Indonesia kehilangan dua poin lain, seiring kekalahan Jonatan Christie dan Gregoria Mariska Tunjung di tunggal putra dan putri.  

“Pemain ganda luar biasa, mereka memang tahu kalau mereka itu pagarnya kami, andalan, dan mereka selesaikan tugas sebaik-baiknya. Dengan kemenangan Praveen/Melati, percaya diri mereka naik, apalagi jadi penentu. Kami berharap mereka lebih baik lagi,” ujar Susy.

Belum Kalah

Selama tampil di Piala Sudirman, tahun ini, Indonesia telah mengantongi dua kemenangan dan satu kali kalah. Pada babak penyisihan Grup 1B, Merah Putih menang atas Inggris, 4-1. Kemudian, kalah dari Denmark, 2-3.


Baca Juga :
- Piala Asia Futsal U-20 2019, Kalahkan Irak, Indonesia Juara Grup D
- Piala Asia Futsal U-20 2019, Dihantam Irak dan Indonesia, Begini Perasaan Kapten Cina Taipei

Jepang ke perempat final setelah menjadi juara Grup 1D. Kento Momota dan kawan-kawan belum terkalahkan dari tiga pertandingan. Ketika babak penyisihan grup, Jepang kalahkan Thailand, 4-1, dan Rusia, 3-2. Adapun di perempat final, 3-0 atas Malaysia.*MUHAMMAD RAMDAN

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA