#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
INFOGRAFIS: Prediksi Leipzig Vs Bayern Muenchen, Bidik Dobel Gelar
25 May 2019 09:27 WIB
BERLIN - Piala Jerman jadi trofi terakhir yang akan diperebutkan di kompetisi domestik Jerman musim ini dengan FC Bayern Muenchen dan RB Leipzig sebagai kontestan. Kedua klub ini akan saling berhadapan pada partai final di Olympiastadion Berlin, Sabtu (25/5), dengan target yang sama tapi motivasi berbeda.

Muenchen yang baru saja memenangi gelar Bundesliga ketujuh beruntun akhir pekan lalu berharap menorehkan double musim ini. Die Bayern juga berambisi meraih Piala Jerman ke-19 untuk memperbaiki rekor sebagai tim paling sukses di ajang ini. Di pihak lain, Leipzig mengincar gelar pertama dalam 10 tahun sejarah mereka.

Di atas kertas, Muenchen menjadi favorit dalam pertandingan ini. Mereka lima kali menang dan hanya sekali dalam ketujuh duel sebelumnya melawan Leipzig. Die Bayern juga tengah mengalami tren positif, tidak terkalahkan dalam 11 laga terakhir di seluruh kompetisi dengan delapan kemenangan dan tiga hasil imbang.


Baca Juga :
- Barcelona Resmi Lepas Coutinho ke Bayern Muenchen
- Muenchen Siap Jaga Rekor Pekan Perdana Bundesliga

Sebaliknya, Leipzig justru mengalami tren negatif. Die Roten Bullen tak pernah menang dalam tiga pertandingan terakhir. Mereka bahkan kalah 1-2 dari Werder Bremen pada laga terakhir Bundesliga akhir pekan lalu. Tapi, catatan itu tak bisa dijadikan ukuran karena ketiga laga tersebut memang tak lagi berpengaruh bagi Leipzig.

Kekalahan dari Bremen juga tidak terlepas dari keputusan pelatih Ralf Rangnick mengistirahatkan sebagian besar pemain kunci Leipzig sebagai persiapan jelang final Piala Jerman. Termasuk duet mesin gol, Timo Werner dan Yussuf Poulsen. Kini, para pemain itu dalam kondisi sangat bugar dan siap beraksi kembali.

Kondisi ini membuat Leipzig layak diwaspadai. Apalagi, mereka punya rapor pertahanan sangat impresif. Die Roten Bullen adalah tim dengan pertahanan paling kokoh di Piala Jerman dengan hanya kebobolan tiga gol dalam lima pertandingan. Status itu juga mereka sandang di Bundesliga, hanya kebobolan 29 gol dalam 34 laga.

Catatan ini jadi lebih impresif  mengingat perjalanan Leipzig menuju final jauh lebih berat daripada Muenchen. Pasalnya, Die Roten Bullen harus menghadapi tiga wakil Bundesliga (TSG Hoffenheim, FC Augsburg, dan VfL Wolfsburg). Sebaliknya, Die Bayern hanya menghadapi dua tim Bundesliga (Hertha Berlin dan Werder Bremen).

Wajar jika Rangnick terkesan cukup optimistis. “Muenchen pemegang rekor juara di Bundesliga dan Piala Jerman sehingga mereka favorit,” kata Rangnick. “Tapi, jika kami bisa tampil sesempurna mungkin, saya melihat kami punya peluang bagus. Kami satu-satunya tim yang menyingkirkan tiga klub Bundesliga saat melangkah menuju final.”

Rangnick juga memiliki rapor meyakinkan di Piala Jerman karena pernah membawa FC Schalke 04 jadi juara pada 2010/11. Catatan ini sama dengan pelatih Muenchen, Niko Kovac, yang meraih gelar itu bersama Eintracht Frankfurt musim lalu.

Tapi, Kovac punya keistimewaan sebagai pelatih yang tampil di final tiga musim berturut-turut. Sebelumnya, rekor ini hanya pernah dibuat oleh rekor Otto Rehhagel (1989-1991), Udo Lattek (1984-1986), dan Hans Schmidt (1935-1938). Dortmund. Kini, Kovac berpeluang jadi pelatih pertama yang memenangi Piala Jerman dua musim berturut-turut setelah Felix Magath yang sukses bersama Muenchen pada 2004/05 dan 2005/06.

Rekor Kovac bakal lebih unik lagi karena belum pernah ada pelatih yang juara Piala Jerman dua musim beruntun bersama dua klub berbeda. Tapi, pria asal Kroasia itu menyadari semua itu tidak akan mudah diwujudkan.


Baca Juga :
- Dortmund Lebih Menghargai Gelar dibanding Klub-klub Lain
- Keputusan Muenchen Menarik Perisic Sempat Dirasa Janggal

"Musim lalu saya punya kesempatan untuk mengetahui apa artinya berlaga di partai final,” ucap Kovac. “Anda tidak bisa memandang enteng lawan dan kami tidak akan bersikap begitu. Kami juara Bundesliga dan kami tahu Leipzig tim yang tangguh. Ini akan jadi pertandingan yang sangat ketat. Kami harus tampil maksimal.”***RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA