#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Della Valle Angkat Tangan, Fiorentina Mau Dijual
27 May 2019 15:50 WIB
FIRENZE – Tuntutan tifosi ACF Fiorentina tampaknya akan segera terkabul. Senin (27/5), mereka mungkin sudah mendapatkan pemilik baru menggantikan Keluarga Della Valle. Adalah pengusaha asal Amerika Serikat (AS) Rocco Commisso yang dikabarkan mengambil alih kendali klub dengan kesepakatan mancapai 150 juta euro (Rp2,41 triliun).

Bukan rahasia bila hubungan tifosi dan Keluarga Della Valle memburuk dalam beberapa tahun terakhir. Mereka kecewa terhadap kebijakan pemilik klub yang terus melego pemain bintang tanpa mendatangkan pengganti sepadan. Ketika konflik ini juga berpengaruh kepada prestasi tim di lapangan, Andrea dan Diego Della Valle pun angkat tangan. Mereka memutuskan bahwa melepaskan Fiorentina adalah solusi terbaik.

Negosiasi antara Keluarga Della Valle dengan Commisso di tengahi oleh bank ternama asal AS JP Morgan Chase. Dalam klausul pembelian, juga terdapat syarat bahwa Fiorentina harus bisa bertahan di Seri A. Jika gagal, maka akan ada pertemuan kembali merubah harga 150 juta euro yang disetujui. Bagaimanapun, berlaga di Seri B jelas menurunkan nilai klub di pasar bisnis.


Baca Juga :
- Lazio Bidik Liga Champions
- AC Milan, Solusi Piatek dalam Diri Bennacer

Kedatangan Commisso sebagai pemilik anyar akan menciptakan perubahan besar dalam struktur Fiorentina. Legenda klub Giancarlo Antognoni bakal diberi jabatan lebih penting daripada sekedar manajer, mungkin jadi direktur teknik. Dulu, di era kepemimpinan Vittorio Cecchi Gori, Antognoni lah yang menemukan bakat hebat seperti Rui Costa dan Gabriel Batistuta.

Sedangkan kursi kepelatihan masih jadi tanda tanya. Vincenzo Montella menyisakan dua tahun kontrak, serta memiliki kualitas dan pengalaman dalam membentuk tim. Hanya, rapornya sejak kembali ke Firenze sungguh buruk: belum pernah menang dalam tujuh laga kompetitif, enam terakhir kalah beruntun. Pembicaraan soal masa depan akan terjadi setelah Commisso dipastikan sebagai pemilik anyar.

Lalu, siapa sebenarnya Commisso? Miliarder berdarah Italia-AS itu merupakan pengusaha multimedia yang sukses menjadikan Mediacom sebagai jaringan televisi kabel terbesar kelima di Negeri Paman Sam. Dia sudah memiliki klub sepak bola di AS, yakni New York Cosmos, dan kini berusaha mengembangkan sayap ke tanah kelahiran. Tahun lalu, dia sempat ingin mengambil alih AC Milan dari Li Yonghong tapi gagal.


Baca Juga :
- Lukaku Bikin Lawan Terkesima
- Tidak Perlu Tunggu Dzeko, Inter Siap Tancap Gas

Satu fakta lain yang menarik adalah Commisso sebagai pendukung berat Juventus FC. Ini bisa menciptakan friksi dengan tifosi I Viola yang sangat membenci raksasa Turin tersebut. “Saya masih menyukai Juve, tapi juga tahu banyak soal Fiorentina. Mulai dari Kurt Hamrin sampai Batistuta. Saya harap mereka menang melawan Genoa dan lolos dari degradasi,” ujarnya. “Kesepakatan? Saya belum mau komentar banyak.”* DARI BERBAGAI SUMBER

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA