#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Anggaran Hanya Separuh, Bola Tangan Incar Podium
27 May 2019 13:00 WIB
JAKARTA – Bola tangan pantai putra baru memulai pemusatan latihan nasional (pelatnas) SEA Games XXX/2019 Filipina, 20 Mei lalu. Purwokerto, Jawa Tengah, dipilih sebagai lokasi karena dianggap tepat. Utamanya agar Merah Putih bisa memaksimalkan rangkaian program persiapan yang diagendakan.  

“Supaya atlet dan pelatih bisa fokus karena di Purwokerto ada lapangan berstandar, dekat dengan GOR Satria. Kami sudah liat lapangan pasir di Ancol, Senayan, dan akhirnya kami pilih di sana. Udara di sana juga bagus,” kata manajer tim nasional (timnas) Iman Suroso kepada TopSkor, Minggu (26/5). 

Saat disinggung mengenai target, Iman menyebut timnas putra diharapkan bisa menyumbang medali namun tak merinci. Sekadar informasi, Filipina hanya mempertandingkan bola tangan pantai putra untuk SEA Games 2019. Adapun nomor indoor, ditiadakan oleh tuan rumah.


Baca Juga :
- Bola Tangan Manfaatkan POMNAS untuk Pemassalan
- Sarri Reuni dengan Napoli di Pekan Kedua Seri A

“Sebagai peserta, tentu kami ingin semua nomor dipertandingkan. Tapi, kembali lagi, tuan rumah punya hak untuk menentukan. Kalau dilihat dari kejuaraan IHF (di GOR Popki, Cibubur, 1-5 Mei) lalu, Filipina kan memang tidak terlalu bagus. Jadi mungkin itu alasannya,” ujar Iman, kemarin.

Pengurus Besar Asosiasi Bola Tangan Indonesia (PB ABTI) sejatinya ingin pelatnas lebih cepat dilaksanakan karena seleksi nasional digelar sejak Februari. Hanya, terkendala agenda penandatanganan memorandum of understanding (MOU) dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Sayang, anggaran yang akan dikucurkan Kemenpora untuk pelatnas bola tangan pantai tak sesuai dengan pengajuan ABTI. “Kami mengajukan Rp3,4 (miliar) tapi yang disetujui hanya Rp1,7 (miliar). Tapi, bagaimana pun, kami akan berusaha dengan baik untuk  memaksimalkannya,” kata Iman.   


Baca Juga :
- MU Tolak Tawaran Inter untuk Lukaku
- Awal Musim, Barca Akan Dapat Tekanan Lebih

Tercatat ada 11 atlet yang digembleng menuju Negeri Lumbung Padi. “Kami harus menunggu MOU dengan Kemenpora supaya lebih mudah (urusan administrasi) ke depannya. Kalau untuk jumlah atlet, sudah fix. Total ada 11 yang masuk tim dari 10 yang seharusnya,” Iman menambahkan.*

Daftar Atlet Bola Tangan

  1. Riki Siswanto
  2. Risky Fidelano
  3. Viktorius Rafael Tolang
  4. Deni Wahyudin
  5. Alfrid Riyanto Lolaroh
  6. Saepul Rahman
  7. Derril
  8. Bagas
  9. Yulianto Efendi Sir
  10. Fanni
  11. Fikri Rachmadyansyah

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA