#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
GP Monako, Red Bull Konsisten Tempel Mercedes
27 May 2019 13:30 WIB
MONTE KARLO – Lewis Hamilton meraih kemenangan di Sirkuit Monte Karlo, Monako, Minggu (26/5). Keputusan untuk mengambil risiko lantaran hanya satu kali mengganti ban layak diacungi jempol. Pasalnya, di sisi lain, ia harus bertahan dari kejaran pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen.

Usai lomba, pembalap Mercedes AMG Petronas itu tak mampu menyembunyikan kebahagiaan. Sekadar informasi, Hamilton memang mendambakan lomba yang penuh ketegangan seperti di Grand Prix Monako. Ia pun menegaskan, kemenangan di Monte Karlo paling menyenangkan sejauh ini.

Sepanjang lomba, Hamilton hanya satu kali mengganti ban dengan jenis medium. Kondisi ini memaksanya untuk benar-benar menjaga tingkat ketahanan ban. Ini karena Verstappen yang terus menempel di belakang  memilih untuk memakai ban jenis hard, yang memiliki daya tahan lebih baik di lintasan.


Baca Juga :
- Line Up Sementara Pembalap Formula 1 Musim 2020: 11 Pembalap Belum Pastikan Bertahan
- Verstappen Yakin Penuhi Target Red Bull di F1 2019

“Ini balapan terberat yang pernah saya lakoni. Tapi, saya bertarung dengan semangat Niki (Lauda), sosok yang berpengaruh di tim.  Saya berusaha tetap fokus demi membuatnya bangga, meski menang memang tujuan utama. Penonton di sini luar biasa. Semoga lomba berjalan seperti ini lagi,” katanya.

Sayang, Verstappen yang sejatinya finis kedua harus turun ke posisi keempat karena penalti lima detik. Penambahan ini adalah hukuman dari pengawas lomba karena aksinya saat keluar pit stop. Verstappen memaksa masuk pit lane padahal Valtteri Bottas sudah lebih dulu selesai mengganti ban.

“Itu lomba yang ketat. Bahkan, saya tak boleh mengganti ban dan bekerja keras sepanjang balapan. Pilihan saat itu hanya dua, menyelesaikan lomba atau kecelakaan karena saya memakai ban yang salah. Tapi, saya bangga dengan kinerja tim dan berharap ini tetap berlanjut,” Hamilton menambahkan.

Pengawas lomba sempat menginvestigasi insiden senggolan antara Hamilton dan Verstappen di pengujung lomba. Namun, tak berujung hukuman. “Max telat melakukan pengereman, beruntung saya melihat. Sayap depannya menyenggol ban belakang saya. Jujur, saya takut ban kiri pecah,” katanya.


Baca Juga :
- Ini Syarat Wajib Gasly Bertahan di Red Bull
- Formula 1 GP Jerman Jadi Respon Terbaik Terhadap Kritik

Penalti yang didapat Verstappen berdampak positif untuk pembalap Scuderia Ferrari Mission Winnow, Sebastian Vettel. “ Max melakukan pergantian ban dengan bagus tapi menyenggol Valtteri. Saya ingin memberi tekanan kepada Max tapi kesulitan dengan ban. Apalagi, lomba ini berisiko,” ujarnya.

Vettel pun naik ke posisi kedua, sekaligus menggagalkan dominasi duo Mercedes dalam lima putaran awal. Namun, catatan finis Bottas tetap tidak buruk, yakni ketiga. “Ini lomba yang mengecewakan. Max menyenggol di pitlane dan tak memberi ruang untuk saya menyalip,” Bottas menuturkan.*MUHAMAD FADLI RAMADAN

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA