#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Indra Sjafri Segera Tentukan Nasib 10 Pemain Baru di Timnas U-23
10 June 2019 09:07 WIB
SINGAPURA - Timnas Indonesia U-23 berhasil menutup perjalanan mereka di Merlion Cup 2019 dengan cukup baik. Garuda Muda berhasil merebut peringkat ketiga pada turnamen tersebut setelah mengalahkan Filipina U-23 dengan keunggulan lima gol tanpa balas di Stadion Jalan Besar, Singapura, Minggu (9/6).

Muhammad Rafli menjadi bintang dalam laga ini. Gelandang Arema FC yang disulap menjadi striker oleh pelatih Indra Sjafri itu sukses mencetak hattrick ke gawang Filipina (menit ke-6, 60, dan 67). Sementara itu pemain baru Rizky Dwi Febrianto dan Asnawi Mangkualam menyempurnakan dengan menyumbang satu gol pada menit ke-47 dan 73 pada laga ini.

Permainan tim asuhan Indra Sjafri ini sejatinya banyak melihatkan perkembangan yang jika dibandingkan kekalahan 1-2 yang diderita pada laga pertama melawan Thailand U-23.


Baca Juga :
- Hadapi Montenegro, Timnas Indonesia U-15 Siapkan Variasi Serangan
- Hadapi Myanmar, ​​​​​​​Timnas Putri Indonesia Sudah Terbiasa Panas

Kesalahan individual terutama dalam lini pertahanan yang menjadi masalah utama pada laga perdana melawan Thailand sudah tidak terlihat. Bahkan Asnawi dan Rizky yang mengisi posisi bek sayap harus diberikan apresiasi. Keduanya bermain sangat baik dalam membantu serangan dan pertahanan tim Garuda Muda hadapi Filipina.

Selain itu, kesulitan mengembangkan permainan yang juga menjadi pekerjaan rumah bagi timnas U-23 juga sudah diperbaiki pada laga kedua ini. Sani Rizki dan Gian Zola yang mengisi lini tengah Garuda Muda mampu mengalirkan bola dengan baik sejak menit awal guna membongkar pertahanan Filipina.

“Kami sudah beberapa kali melawan Filipina tentu sudah mengetahui kelemahan dan kekuatan mereka. Kembali hari ini (kemarin) kami mendapatkan hasil yang bagus. Saya rasa apabila permainan hari ini dan penampilan anak-anak di babak kedua saat melawan timnas Thailand kemarin bisa terjaga, saya yakin anak-anak akan mendapat raihan prestasi terbaik nanti,” ujar pelatih timnas U-23, Indra Sjafri.

IS sapaan akrabnya menuturkan hasil ini hanya untuk tolok ukur kekuatan tim saat ini. Dirinya berharap para pemain jangan berpuas diri atas permainan kemarin. “Kami belum juara, tetapi target kami untuk mereview 10 pemain baru yang diproyeksikan untuk SEA Games tercapai. Sudah ada beberapa pemain yang saya rasa tepat masuk ke tim,” ujar IS.

IS juga mengatakan untuk mengikuti turnamen ini sangat memiliki tantangan yang besar. Sebab persiapan hanya tiga hari saat puasa, ditambah lagi pemain harus meninggalkan sanak keluarga di Hari Raya Idul Fitri yang membuat ada keterbatasan dalam persiapan tim. “Tetapi di luar itu semua kami menikmati proses pembentukan dalam tim ini,” kata IS.

Kemenangan 5-0 dalam laga, kemarin, juga tetap menjadi bahan evaluasi untuk skuat timnas U-23. Jika masalah organisasi permainan sudah dilihat membaik, namun dalam laga ini penyelesaian akhir masih kurang dimaksimalkan para pemain.

Banyak kesempatan dan peluang matang yang terbuang sia-sia di depan gawang Filipina. Termasuk tiga peluang mengenai mistar gawang yang seharusnya dijadikan gol oleh Zola dan M Rafli di babak pertama.*NIZAR GALANG GANDHIMAR

 

Data Skuat Timnas U-23

Kiper: Satria Tama, Nadeo Agra Winata

Belakang: Nurhidayat, Bagas Adi,  Asnawi Mangkualam, Dandi Maulana, M Rifad Marasabessy, Andy Setyo, Rachmat Irianto,  Samuel Christianson, Rizky Dwi Febrianto

Tengah: M Luthfi, Sani Riski, Hanif Sjahbandi,  Hambali Tolib, Feby Eka Putra, Gian Zola, Witan Sulaeman, Yakob Sayuri

Depan: Rafli Mursalim, Septian Satria Bagaskara, M. Rafli

Ket: cetak tebal merupakan pemain baru timnas U-23


Baca Juga :
- Derbi Melayu, Timnas Indonesia U-18 vs Malaysia
- Vamos Kembali Terhenti di Perempat Final

 

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA